Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Ganda Pada Motor Matic

Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Ganda Pada Motor Matic

Ini Waktu yang Tepat Untuk Ganti Kampas Ganda Pada Motor Matic--

SILAMPARITV.CO.ID - Kampas ganda atau kampas kopling merupakan salah satu komponen pengoperasian kecepatan tinggi pada sistem transmisi variabel kontinu (CVT) pada sepeda motor.

Namun, meskipun roller dan bun belt memiliki masa pakai yang terbatas, tidak ada pedoman yang jelas mengenai kapan harus mengganti lapisan ganda.

BACA JUGA:Penampakan Cruiser Macho Baru Morbidelli C1002V 2024, Segini Harganya

Toga Fantiarso, pemilik bengkel khusus skuter bensin, mengatakan umur bantalan ganda bisa lebih lama atau lebih pendek tergantung penggunaan dan kepribadian pengendara.

“Kanvas ganda juga cepat bergerak dan merupakan barang habis pakai. Kanvas ganda tidak bisa ditentukan (diganti). Tergantung berat badan orang dan cara penggunaannya,” kata Toga baru-baru ini.

BACA JUGA:Kapan Waktu yang Tepat Servis Motor Listrik Honda EM1 e? Ini Penjelasannya!

"Jadi, saya baru cek. Yang pasti acuan masa pakai suku cadang itu berdasarkan pembuatan manual. Selain itu  juga harus memperhatikan kondisi fisiknya," ujarnya.

Sementara itu, Yoga Ningrat, pemilik bengkel spesialis skutik Yoga Motoshop, mengakui waktu penggantian bantalan ganda berbeda-beda pada setiap sepeda motor.

BACA JUGA:Ini Dia Motor Yamaha Baru Bermesin 155cc, Harganya Selangit!

"Biasanya beraspal ganda dengan mesin standar dan digunakan sehari-hari di Jakarta, ada yang bisa mencapai 15.000 km bahkan lebih," kata Yoga.

"Tetapi ada orang-orang yang tinggal menempuh jarak 5.000 kilometer lagi, orang-orang yang mesinnya rusak, orang-orang yang drumnya khususnya dirusak oleh kartel, dan mereka dengan cepat kehabisan liner ganda. Saya kira begitu, " dia berkata.

BACA JUGA:Inilah 7 Merek Mobil yang Masih Naik Penjualannya

Yoga menambahkan, kanvas ganda yang hampir selesai biasanya memiliki gejala seperti terpeleset, bergemuruh, bahkan kehilangan kekuatan.

"Coba rengekan, pasti terasa begitu. Bunyinya juga, tapi kebanyakan berderit karena gesekan. Juga berderit kalau kotor atau ada finishing layar ganda," kata Yoga.

Sumber: