Apa yang Akan Terjadi Jika YECVT Yamaha Nmax Turbo Rusak? Simak Penjelasannya!

Apa yang Akan Terjadi Jika YECVT Yamaha Nmax Turbo Rusak? Simak Penjelasannya!

Yamaha Nmax Turbo--

SILAMPARITV.CO.ID - Yamaha Nmax Turbo menghadirkan fitur baru yaitu YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmision) yang menggantikan posisi puli yang menggerakkan puli utama sistem CVT.

Apa jadinya jika fungsi YECVT rusak saat penggantian puli primer dari sentrifugal ke elektrik?

Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Ferry Nurul Fajar mengatakan, sepeda motor tetap bisa dikendarai meski komponen YECVT mengalami kerusakan.

"Alat pengatur transmisinya sinkron dengan alat pengaturnya. Jadi kalau misalnya rusak maka indikator CVT akan menyala dan indikator FI juga akan menyala. Dari sana dia akan mengirimkan informasi mode darurat,” kata Ferry di Sentul, Bogor (27 Juni 2024).

BACA JUGA:Ini Penampakan Motor Baru Honda CB300R, Dengan Desain Neo Retro

"Mesin akan tetap hidup, tetapi fungsinya tidak akan berfungsi dan Anda tidak akan dapat melakukan regenerasi bolak-balik. Maka mode T dan S tidak akan berfungsi lagi, sehingga rasio  saat mati akan tetap terjaga. Saya tidak bisa pakai Y-shift, katrolnya tidak mau bergerak,” ujarnya.

Karena kontrolnya bersifat elektrik, peralatan kelistrikan YECVT dapat rusak saat digunakan.

Ferry juga menyatakan bahwa penyebab kerusakan  YECVT secara umum sama dengan permasalahan pada komponen kelistrikan lainnya.

Namun, dia mengatakan ada garansi dua tahun untuk komponen kelistrikan YECVT seperti sensor dan aktuator.

Suku cadang transmisi CVT, termasuk puli primer, dilindungi garansi 3 tahun setelah suku cadang mesin.

BACA JUGA:Ini 6 Daftar Harga Motor CRF 150 Bekas Per Juni 2024

"Kalau kelistrikan, sambungannya putus. Sambungannya putus. Misalnya, jalur kabel tidak hanya terganggu pada saat TCU menyambung ke suatu komponen atau bagian (rusak), jalur kabel juga bisa terpengaruh, kata Ferry.

"Kabel jika bukan komponen, sambungan jika listrik rusak, korsleting atau tidak.Misalnya, soket juga bisa kotor atau basah. Tapi di sana ada stiker untuk gerainya,” ujarnya.

Sumber: