Nasib Baik Bagi Nelayan, Jutaan Ikan Tamban Menepi di Pesisir Laut Bengkulu

Nasib Baik Bagi Nelayan, Jutaan Ikan Tamban Menepi di Pesisir Laut Bengkulu

jutaan ikan tamban menepi di pesisir laut Bengkulu pada malam hari--kompas.com

SILAMPARITV.CO.IDNasib Baik Bagi Nelayan, Jutaan Ikan Tamban Menepi di Pesisir Laut Bengkulu

Nasib baik bagi para nelayan setempat karena sejak sebulan terakhir jutaan ikan tamban menepi di pesisir laut Bengkulu, tepatnya di Kecamatan Ilir Talo, Kabupaten Seluma, Bengkulu sekitar Desa Penago dan Rawa Indah.

Salah satu pemuda nelayan, Niko Erlangga mengungkapkan, bahwa ikan tersebut menepi khususnya pada malam hari.

BACA JUGA:Berlaku Mulai Hari Ini Senin 15 Juli 2024 Bakal Ada Razia Kendaraan Besa-besaran di Seluruh Indonesia

"Nama ikannya itu, ikan tambah seperti jenis sarden. Ia menepi ketika malam tiba, bahkan melompat ke daratan," ujarnya dikutip dari kompas.com, Selasa 16 Juli 2024.

Kebanyakan nelayan menangkap ikan dengan jaring. Menurutnya, menepinya ikan tamban tersebut merupakan sebuah keberuntungan tersendiri bagi para nelayan. Nelayan lokal menjual ikan dengan harga Rp 10.000/kg. 

“Rata-rata nelayan menangkap sekitar 20 kilogram ikan tamban setiap harinya. Ikan tersebut dijual dengan harga Rp 10.000,” ujarnya.

BACA JUGA:Gunung Semeru Erupsi 30 Kali pada Sabtu Pagi

Pasca kemunculan tamban secara masif, warga mengaku mendapat tambahan rejeki. “Alhamdulillah kami bisa membeli baju baru,” kata Niko.

Menurut Niko, fenomena menepinya ikan tamban ini disebabkan oleh suhu laut yang sangat dingin pada malam hari, sehingga ikan-ikan tersebut berenang ke tepian secara berkelompok untuk mencari air hangat.

“Menurut para induk nelayan, ikan tamban menepi karena kondisi laut sangat dingin sehingga ikan menepi untuk mencari air dengan suhu hangat,” terang Niko.

BACA JUGA:Gempa di Bengkulu dengan Kekuatan 5,8 M, Tidak Berpotensi Tsunami

Sumber: