Cara Efektif Meredakan Sariawan dengan Bahan Alami

Cara Efektif Meredakan Sariawan dengan Bahan Alami

Silampari TV - Sariawan merupakan luka di dalam mulut yang dapat menimbulkan sensasi nyeri yang kuat. Rasa sakit yang tajam ini dapat mengganggu aktivitas makan dan berbicara. Penyebabnya bervariasi, seringkali dipicu oleh gigitan tak sengaja pada bagian dalam mulut. Umumnya, luka ini akan sembuh dengan sendirinya dalam satu Hingga dua minggu. Sariawan dapat terjadi pada siapa pun, tanpa memandang jenis kelamin atau usia. Berbagai faktor dapat memicu sariawan, termasuk infeksi, defisiensi vitamin atau mineral, gigitan pada lidah atau pipi,  stres, fluktuasi hormon, dan juga alergi. Berikut beberapa metode untuk meredakan sariawan :

  1. Madu
Tinjauan terbaru yang diterbitkan di jurnal Open Life Sciences, madu efektif dalam mengurangi  rasa sakit, ukuran, dan kemerahan padasariawan. Penggunaan madu juga dapat mencegah infeksi sekunder. Cara penggunaannya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu asli ke area yang terasa sakit empat kali sehari. Pastikan madu yang digunakan murni dan tidak dicampur dengan bahan lain serta belum dipasteurisasi.
  1. Kayu Manis
Kayu manis memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan anti-radang. Untuk meredakan sariawan, Anda dapat mengonsumsi campuran bubuk kayu manis dengan air hangat, atau mengoleskan minyak kayu manis ke area yang terkena sariawan.
  1. Kunyit
Kunyit memiliki sifat anti septik dan anti mikroba. Selain mengurangi peradangan dan nyeri akibat sariawan,  kunyit juga efektif melawan infeksi mulut. Anda bisa mencampur sedikit bubuk kunyit dengan air hangat untuk membuat obat sariawan alami.
  1. Daun Sage
Daun sage telah lama digunakan sebagai campuran dalam obat kumur. Tumbuhan herbal ini mengandung anti oksidan dan memiliki efek anti-peradangan serta anti bakteri. Sifat astringen pada daun sage membantu mengerutkan jaringan yang terluka. Dengan berkumur menggunakan larutan daun sage, diharapkan sariawan dapat mengecil dan rasa sakitnya mereda. Anda dapat membuat obat kumur alami ini dengan merebus beberapa daun sage dalam air panas selama 5 menit, menyaring  airnya, menunggu hingga larutan dingin, dan berkumur dengan larutan tersebut selama beberapa menit. Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk meredakan sariawan.  Ingatlah bahwa efektivitas setiap metode dapat bervariasi untuk setiap individu,  dan jika sariawan berlangsung lebih lama atau semakin parah, sebaiknya konsultasikan dengan profesional medis.

Sumber: