Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Cara Tepat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Silampari TV - Gigi dan mulut adalah dua bagian tubuh yang punya banyak fungsi penting dalam kehidupan manusia. Merawat gigi dan mulut tidak hanya akan menunjang kedua bagian tubuh tersebut untuk berfungsi dengan baik, tetapi juga bisa mencegah masalah gigi dan medis. Mulai dari membersihkan gigi dengan benar sampai mengendalikan penyakit bawaan, ada banyak cara yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Pernahkah kamu memikirkan betapa pentingnya peran gigi dan mulut dalam kehidupan kamu? Kamu menggunakan gigi dan mulut setiap hari untuk makan, minum, berbicara, tersenyum, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa menjaga kesehatan kedua bagian tubuh tersebut sangat penting. Memiliki gigi dan mulut yang sehat tidak hanya akan meningkatkan rasa percaya diri kamu dan membantu kamu untuk menikmati makanan dengan lebih baik, tetapi juga penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan merawat gigi dan mulut dengan baik, kamu bisa terhindar dari masalah gigi dan medis. Bahkan beberapa penyakit sistemik, seperti diabetes dan penyakit jantung bisa membaik dengan kesehatan gigi yang baik. Yuk, simak cara tepat menjaga kesehatan gigi dan mulut di sini. Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menjaga kesehatan gigi:

1. Menggosok gigi

Anda disarankan untuk menggosok gigi secara teratur, yaitu dua kali sehari selama dua menit dengan cara yang tepat. Kebiasaan perawatan gigi ini dapat dimulai setiap pagi setelah sarapan. Namun, Anda sebaiknya menunggu sekitar 30–60 menit sebelum menggosok gigi, terutama jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang tergolong asam, seperti roti panggang, jeruk, atau kopi. Hal ini untuk mencegah enamel (lapisan pelindung gigi) yang terkikis akibat makanan atau minuman yang bersifat asam tidak ikut terangkat saat Anda menggosok gigi. Anda juga dianjurkan untuk menggosok gigi pada malam hari sebelum tidur. Perawatan gigi ini baik untuk menghilangkan kuman dan plak dari sisa makanan atau minuman yang menumpuk sepanjang hari. Anda juga disarankan menggunakan benang gigi setidaknya satu kali sehari. 2. Memilih pasta gigi mengandung fluoride Pastikan pasta gigi yang Anda pilih mengandung flouride di dalamnya. Perawatan gigi dengan pasta gigi mengandung flouride dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Selain itu, flouride dapat memperkuat enamel yang membuat gigi lebih tahan terhadap asam dari plak yang menyebabkan kerusakan gigi. 3. Menggunakan obat kumur Penggunaan obat kumur atau cairan pembersih mulut dapat membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau dengan sikat gigi maupun benang gigi. Tak hanya itu, berkumur menggunakan obat kumur antiseptik setidaknya satu kali dalam sehari dapat mencegah pembentukan plak dan penyakit gusi.

4. Membatasi konsumsi makanan atau minuman manis

ini karena makanan atau minuman manis dapat meningkatkan produksi asam yang merusak lapisan enamel gigi. Tak hanya itu, kebiasaan tidak menyikat gigi setelah makan atau minum manis dapat membuat sisa-sisa makanan atau minuman menempel lebih lama Beberapa langkah perawatan gigi di atas perlu diimbangi dengan membatasi konsumsi makanan atau minuman manis. Hal di gigi. Kebiasaan inilah yang dapat mempercepat kerusakan gigi. Selain membatasi makanan dan minuman manis, Anda sebaiknya memperbanyak konsumsi buah dan sayuran serta air putih agar kesehatan gigi tidak terganggu. 5. Memeriksakan gigi secara rutin ke dokter Perawatan gigi yang Anda lakukan di atas sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut secara keseluruhan. Namun, Anda masih perlu melakukan pemeriksaan gigi rutin ke dokter gigi minimal setiap enam bulan sekali.Pemeriksaan rutin ke dokter gigi bertujuan untukmenghilangkan plak yang mungkin terlewat saat menyikat gigi atau ketika menggunakan benang gigiDokter gigi juga mungkin akan melakukan scalling untuk menghilangkan karang gigi yang tidak dapat dijangkau selama perawatan gigi rutin setiap hari. Melakukan perawatan gigi tidak harus menunggu gigi mengalami kerusakan terlebih dulu. Mulailah menjaga kesehatan mulut dan gigi dengan rutin menerapkan perawatan gigi di atas Jika Anda sudah menerapkan kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan gigi, tetapi Anda mengalami keluhan, seperti luka atau bisul di mulut yang tidak sembuh, gusi berdarah, atau gigi terlalu sensitif terhadap suhu panas atau dingin, atau gigi berlubang, segera periksakan ke dokter gigi. Dokter gigi akan melakukan rangkaian pemeriksaan dan menentukan pengobatan yang tepat sesuai keluhan yang Anda alami. Dokter juga akan memberikan saran mengenai perawatan gigi yang tepat  

Sumber: