Cara Budidaya Jamur Tiram, Bisa Untuk Usaha Sampingan

Cara Budidaya Jamur Tiram, Bisa Untuk Usaha Sampingan

cara budidaya jamur tiram untuk usaha sampingan--gdm organik

SILAMPARITV.CO.IDBudidaya jamur tiram adalah salah satu usaha sampingan yang menjanjikan, terutama karena permintaan pasar yang tinggi dan proses budidaya yang relatif mudah. 

Berikut adalah langkah-langkah praktis dalam membudidayakan jamur tiram:

1. Persiapan Tempat dan Alat

Untuk memulai budidaya jamur tiram, pertama-tama siapkan tempat yang teduh, bersih, dan memiliki sirkulasi udara yang baik. Idealnya, suhu ruangan berkisar antara 22-28 derajat Celsius dengan kelembapan 60-80%.

Beberapa alat yang diperlukan antara lain rak penanaman, plastik atau botol untuk media tanam, sprayer, serta termometer dan hygrometer untuk memantau suhu dan kelembapan.


ilustrasi budidaya jamur tiram--gramedia.com

BACA JUGA:Rekomendasi Perumnas Wilayah Palembang, Cek Harga dan Fasilitas

BACA JUGA:Cara Memanajemen Uang agar Hemat dan Bisa Jadi Tabungan Masa Tua

2. Pemilihan Bibit

Bibit jamur tiram dapat diperoleh dari penjual bibit jamur terpercaya. Pastikan bibit yang dipilih berkualitas baik dan bebas dari kontaminasi. Bibit jamur biasanya berupa butiran-butiran kecil yang sudah dicampur dengan media tanam tertentu.

3. Pembuatan Media Tanam

Media tanam untuk jamur tiram umumnya menggunakan serbuk kayu, bekatul, dan kapur. Campurkan serbuk kayu dengan bekatul dalam perbandingan 100:10, lalu tambahkan kapur sebanyak 1-2% dari total berat campuran. Aduk hingga merata dan tambahkan air hingga mencapai kelembapan sekitar 60-70%.

BACA JUGA:SKK Migas - Jadestone Berhasil Alirkan Gas Perdana Pasok PLN Batam

BACA JUGA:Beli Motor Kredit Hilang Dicuri, Apakah Masih Lanjut Bayar Cicilan? Simak di Sini!

Sumber: