Resep Pindang Iga Simpel dan Praktis, Kuahnya Bikin Seger

Resep Pindang Iga Simpel dan Praktis, Kuahnya Bikin Seger

resep pindang iga kuah segar, mudah dan simpel--Yt @mona rendra

BACA JUGA:Resep Bandeng Bumbu Kuning, Lezatnya Bikin Nafsu Makan Naik

BACA JUGA:Begini Cara Buat Kerupuk Ubi Renyah, Bisa Awet Berhari-Hari

Rebus Iga Sapi:


sajian pindang iga--ResepKoki

Rebus iga sapi dalam air hingga mendidih. Buang air rebusan pertama untuk menghilangkan kotoran dan aroma yang kurang sedap. Kemudian, rebus kembali dengan air bersih sebanyak 1,5 liter hingga iga empuk dan kaldu beraroma kuat. Proses ini bisa memakan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam, tergantung ketebalan iga.

Tumis Bumbu:

Panaskan sedikit minyak goreng di wajan. Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum dan layu. Masukkan serai, daun salam, lengkuas, jahe, dan cabai merah besar. Tumis kembali hingga bumbu matang dan tercium aroma wangi.

Masak Pindang Iga:

Tuangkan bumbu tumis ke dalam panci berisi iga dan kaldu. Aduk rata. Masukkan tomat hijau, cabai rawit, air asam jawa, kecap manis, garam, gula pasir, dan kaldu bubuk jika menggunakan. Aduk perlahan dan biarkan kuah mendidih kembali.

BACA JUGA:Resep Gado-Gado Pedas Manis, Cocok untuk Menu Makan Siang

BACA JUGA:Resep Bumbu Rujak Ayam yang Sedap dan Nikmat

Penyelesaian:

Setelah bumbu meresap dan iga semakin empuk, cicipi kuahnya. Sesuaikan rasa asam, manis, dan asin sesuai selera. Jika sudah pas, masukkan daun kemangi, aduk sebentar, lalu matikan api.

Sajikan:

Pindang iga siap disajikan. Sajikan dalam mangkuk, lengkap dengan nasi putih hangat. Kuahnya yang segar dengan perpaduan rasa asam, manis, dan sedikit pedas akan membuat selera makan meningkat.

Sumber: