Amalkan Doa Ini untuk Lapangkan Hati dari Banyaknya Masalah

Amalkan Doa Ini untuk Lapangkan Hati dari Banyaknya Masalah

ilustrasi doa kelapangan hati dari masalah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSetiap orang pasti mengalami masalah dalam hidup, baik besar maupun kecil. Masalah ini bisa datang dari berbagai aspek kehidupan seperti pekerjaan, keluarga, atau hubungan sosial. 

Ketika masalah menumpuk, hati sering kali terasa sesak dan pikiran menjadi kacau. 

Dalam situasi seperti ini, berdoa menjadi salah satu cara untuk menenangkan diri dan memohon kekuatan dari Allah SWT agar diberikan kelapangan hati dan ketenangan dalam menghadapi segala ujian.

Ada beberapa doa yang dianjurkan untuk diamalkan saat hati terasa sempit karena banyaknya masalah. Salah satu doa yang sangat bermanfaat adalah doa yang diambil dari Al-Qur’an, yaitu Surat Al-Insyirah ayat 5-6:

BACA JUGA:4 Tips Harum Sepanjang Hari, yang Sering Keringatan Wajib Tahu!

BACA JUGA:4 Zodiak Anti Selingkuh, Apakah Pasanganmu Termasuk?

“Fa innama’al usri yusro, innama’al usri yusro.”

Artinya: “Maka sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.” (QS. Al-Insyirah: 5-6).

Ayat ini mengandung makna yang sangat dalam. Allah SWT mengingatkan kita bahwa di setiap kesulitan yang kita hadapi, selalu ada kemudahan yang menyertainya. Dengan mengamalkan doa ini, kita diharapkan bisa lebih optimis dan percaya bahwa segala masalah pasti ada jalan keluarnya.

Selain itu, ada doa lain yang bisa diamalkan untuk melapangkan hati, yaitu doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW:

BACA JUGA:3 Makanan yang Harus Dihindari saat Menstruasi

BACA JUGA:8 Cara Menghadapi Kekhawatiran Karena Tak Kunjung Menikah

“Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazan, wal ‘ajzi wal kasal, wal jubni wal bukhli, wa dhala’id-dayni wa ghalabatir-rijal.”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa cemas dan sedih, dari lemah dan malas, dari sifat pengecut dan pelit, dan dari lilitan hutang serta tekanan orang lain.”

Sumber: