Instansi yang Paling Sepi Peminat CPNS, Apa Saja?

Instansi yang Paling Sepi Peminat CPNS, Apa Saja?

ilustrasi tes CPNS--Klobility.ID

SILAMPARITV.CO.IDPenerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) adalah salah satu cara pemerintah untuk mengisi posisi-posisi penting di berbagai instansi. 

Meskipun banyak instansi pemerintah yang sangat diminati oleh pelamar CPNS, beberapa instansi ternyata memiliki peminat yang jauh lebih sedikit. 

Berikut adalah beberapa instansi yang sering kali sepi peminat, menjadikannya peluang bagi pelamar yang mencari posisi di sektor pemerintah, dilansir dari laman PANRB, Minggu 1 September 2024.

1. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda)

BACA JUGA:Jaga Keandalan Aset PLN dan Kenyamanan Pengguna Listrik, Masyarakat Bisa Terapkan Ini untuk Hindari Pencuri

BACA JUGA:Cara Cek Akreditasi Perguruan Tinggi untuk Syarat Daftar CPNS

Bappeda, sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk perencanaan pembangunan daerah, sering kali kurang diminati dibandingkan dengan instansi lain seperti Kementerian Keuangan atau Kementerian Pendidikan. 

Alasan utamanya adalah bahwa pekerjaan di Bappeda sering kali melibatkan analisis data dan perencanaan yang mungkin tidak menarik bagi sebagian pelamar. 

Selain itu, lokasi kerja yang biasanya berada di tingkat provinsi atau kabupaten, dan terkadang jauh dari pusat kota, bisa menjadi faktor yang mengurangi minat.

2. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)

BACA JUGA:Tim K3 PLN UID S2JB Bersama UP3 Berikan Edukasi Keselamatan Kelistrikan Tanpa Harus Rasakan Bahayanya

BACA JUGA:Kenali 4 Penyebab Tidak Lolos Administrasi Cpns, Wajib Tahu!

Walaupun BPOM memiliki peran yang penting dalam mengawasi kualitas dan keamanan produk obat dan makanan, jumlah peminatnya tidak sebanyak instansi besar lainnya. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh spesialisasi pekerjaan yang membutuhkan latar belakang ilmu kesehatan atau teknologi pangan. 

Sumber: