Resep Pisang Gapit Kuah Kinca, Camilan Legit Khas Kalimantan Timur

Resep Pisang Gapit Kuah Kinca, Camilan Legit Khas Kalimantan Timur

Pisang Gapit Kuah Kinca--freepik

BACA JUGA:4 Resep Kue Tradisional dari Singkong: Simpel Tapi Menggoda

• 1/4 sendok teh garam

• 1 sendok teh tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara Membuat:

Siapkan Pisang: Kupas pisang, lalu pipihkan dengan cara menjepitnya menggunakan alat penjepit atau dengan menekannya perlahan menggunakan tangan hingga sedikit gepeng, tapi tidak sampai hancur.

Panggang Pisang: Panaskan wajan atau pemanggang, olesi dengan margarin atau mentega. Panggang pisang yang telah dipipihkan hingga kecokelatan dan harum di kedua sisinya. Angkat dan sisihkan.

Buat Kuah Kinca: Dalam panci kecil, campurkan santan, gula merah, gula pasir, daun pandan, dan garam. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk hingga gula larut dan kuah mulai mendidih. 

Pastikan untuk selalu mengaduk agar santan tidak pecah.

Tambahkan Pengental: Tuangkan larutan tepung maizena sedikit demi sedikit ke dalam kuah kinca sambil terus diaduk. Masak hingga kuah mengental dan meletup-letup. Matikan api dan angkat.

Sajikan: Susun pisang yang telah dipanggang di atas piring saji, lalu siram dengan kuah kinca yang hangat. Pisang Gapit siap disajikan sebagai camilan sore yang nikmat.

BACA JUGA:Resep Kue Putu Ayu Pandan yang Lembut, Sajian untuk Acara Maulid Nabi

BACA JUGA:Resep Oseng Jantung Pisang yang Sederhana Berbumbu Rempah Sedap

Pisang Gapit dengan kuah kinca ini memiliki cita rasa manis, gurih, dan tekstur pisang yang lembut. Cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman di waktu santai. 

Sajian tradisional ini tak hanya lezat tetapi juga menghadirkan kekayaan kuliner khas Kalimantan Timur. Selamat mencoba!

Sumber: