Resep Cenil Singkong Kenyal dan Lembut, Lezat dan Mudah Dibuat

Resep Cenil Singkong Kenyal dan Lembut, Lezat dan Mudah Dibuat

resep mudah buat cenil singkong--cookpad

BACA JUGA:Resep Kue Putu Ayu Hanya dengan 4 Telur, Bisa Jadi Camilan di Rumah

BACA JUGA:Resep Jamur Enoki Saus Tiram Ala Restoran, Mudah dan Praktis

Cara Membuat:

Siapkan singkong parut: Pertama-tama, parut singkong hingga halus. Setelah diparut, peras singkong parut untuk mengurangi airnya, tetapi jangan terlalu kering agar cenil tidak keras.

Pisahkan air perasan dan diamkan sejenak hingga pati singkong mengendap di bawahnya. Ambil endapan pati singkong dan campurkan ke dalam adonan singkong parut.

Campurkan bahan: Dalam wadah besar, campurkan singkong parut dengan tepung tapioka dan garam. Aduk hingga rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga teksturnya cukup lembab dan bisa dibentuk, tetapi tidak terlalu basah. Adonan harus terasa kenyal ketika disentuh.


cenil singkong--cookpad

BACA JUGA:Resep Sempol Ayam Tusuk Sate, Cara Buatnya Gampang dan Sederhana

BACA JUGA:3 Resep Kreasi Brokoli Mudah Dibuat, Bisa Jadi Sayuran Sampai Camilan Sehat

Beri pewarna: Bagi adonan menjadi beberapa bagian jika ingin membuat cenil dengan berbagai warna. Tambahkan pewarna makanan sesuai selera ke masing-masing bagian adonan, lalu aduk hingga pewarna tercampur rata.

Bentuk adonan: Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulat-bulat kecil atau panjang-panjang seperti cilok. Anda bisa berkreasi dengan bentuk cenil sesuai selera.

Rebus cenil: Didihkan air dalam panci. Masukkan cenil yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih. Rebus hingga cenil mengapung, tanda bahwa cenil sudah matang. Angkat dan tiriskan cenil yang sudah matang.

Gulingkan dalam kelapa parut: Setelah cenil ditiriskan, gulingkan dalam kelapa parut yang sudah dikukus dan diberi sedikit garam. Pastikan setiap cenil tertutupi kelapa parut agar terasa lebih gurih dan lezat saat disantap.

BACA JUGA:Resep Rendang Daging Hitam Pekat, Lezatnya Bikin Selera Makan

BACA JUGA:Cara Mudah Buat Wedang Jahe Susu Tanpa Bikin Eneg

Sumber: