Hantu Anti Mainstream Yang Menjadi Mitos Masyarakat Jawa

Hantu Anti Mainstream Yang Menjadi Mitos Masyarakat Jawa

--

Dalam kutipan diatas disebutkan hantu Kamamang, hantu Banaspati, dan Raksasa Bandalungan. Hantu Kamamang ini populer banget di daerah Jawa Tengan dan Jawa Timur, hantu ini biasa digambarkan seperti bola api atau sosok wanita bertubuh api. Beberapa masyarakat modern juga menyebutnya kemamang. Yakni hantu wanita bertubuh api yang kerap muncul di ladang atau hutan.

BACA JUGA:Menyambut HGN 25 November, Berikut Contoh Ucapan Hari Guru Dalam Bahasa Indonesia

Pupuh III ayat 11

kuranṣa kalawan wewe hañja hañja sirah lawan wĕwĕṣon tĕngisnya muringis ṣeṣekan kalawan ṣongṣongsot asrang humung bĕbĕngkah humangsĕh gĕgĕmbung adulur lawan balung atanṣak kĕkĕblĕk mĕrgĕgĕh dulur hepek epek hĕngklek heṣklek lan usus.

Artinya: Hantu Kuranda bersama Wewe, Hantu Hanja-hanja sirah dan Hantu Wĕḥon, Hantu Tĕngis meringis. Hantu Tetekan bersama Hantu Tongtongsot menyerang membuat suara keras, Hantu Bebengkah menyebar, Hantu Gegembung beriringan dengan Hantu Balung menari-nari. Hantu kĕkĕblĕk tidak bergerak diikuti dengan hantu epekepek, hantu hengklek-hengklek dan hantu usus.

Nah di kutipan itu ada disebutin hantu kuranda. hantu kuranda atau krama daya adalah hantu yang dikenal sering nyulik manusia, hantu ini biasanya berwujud iring-iringan Pengantar Jenazah yang populer di desa-desa sekitar Gunung Merapi. kadang penampakannya itu Mirip keranda berjalan, hantu ini biasanya menculik roh manusia yang sedang tidur. 

selanjutnya ada wewe yang masih terkenal di zaman sekarang nih. wewe atau yang biasa dikenal sebagai wewe gombel ini adalah hantu wanita tua dengan rambutnya yang terurai, dan payudaranya menjulur panjang. Hantu ini biasanya menculik anak-anak yang berkeliaran ketika udah masuk waktu sore atau magrib.

BACA JUGA:Jadikan Momen Hari Guru Spesial, 10 Inspirasi Kado Hari Guru Menarik dan Simpel

Kemudian ada juga hantu hanja-hanja sirah. Hantu ini berwujud manusia yang kebiasaannya adalah menghisap darah orang yang lagi tidur, konon ceritanya kalau misalnya kalian udah dilihatin sama hantu ini maka kalian bisa terserang penyakit memar bintik-bintik dan ujungnya bisa menyebabkan kematian.

Terus ada hantu wedon/wehon yang bentuknya seperti selebat putih yang biasanya muncul di tempat-tempat sepi pemakaman atau kadang di jalanan. Lalu ada hantu tek-tek yang biasanya berkeliaran dengan bawa tulang dan mainan kerincing. Hantu ini dianggap berbahaya Khususnya buat ibu dan anaknya karena konon hantu ini bisa bikin orang kejang-kejang.

Lalu ada juga hantu Tongtongsot yang merupakan hantu hidung belang yang suka memperkosa korban yang masih gadis perawan, Tongtongsot ini konon katanya adalah orang yang mengamalkan ilmu kebatinan yang gak sempurna. 

kemudian di kutipan itu ada juga hantu Kekeblek. bentuknya seperti manusia dengan tangan dan kakinya kecil, perutnya besar dan menggantung, dan biasanya dia terbang. Terus ada juga hantu Epek-epek. Yaitu hantu berwujud telapak tangan yang biasanya merayap di tanah dan bisa juga terbang.

Ada juga hantu Slenderman versi lokal. Namanya Hengklek-hengklek atau Jejengklek makhluk ini sangat ditakuti sejak zaman dulu, bentuknya yang mirip Raksasa tinggi kurus berkeliaran di kuburan sambil bawa mayat. Lalu ada juga hantu gegembung. Yaitu hantu badan tanpa kepala. hantu Balung yang cuma tersisa tulang dan dosa. Dan hantu tengis yang nggak punya wujud cuman mengeluarkan suara seperti belalang lonceng.

BACA JUGA:Perjanjian Gencatan Senjata Hamas - Israel, Berikut Poin-Poinya

Sumber: