5 Langkah Efektif Mengatasi Alergi Kulit karena Skincare yang Tidak Sesuai

5 Langkah Efektif Mengatasi Alergi Kulit karena Skincare yang Tidak Sesuai

Alergi Kulit karena Skincare--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Penggunaan skincare yang tidak sesuai bisa menyebabkan alergi kulit, seperti ruam, kemerahan, gatal, bahkan jerawat. 

Reaksi ini bisa terjadi karena kulit tidak cocok dengan bahan-bahan tertentu dalam produk tersebut. Jika kamu mengalami alergi akibat skincare, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredakannya. 

Berikut adalah 5 langkah efektif untuk mengatasi alergi kulit karena skincare yang tidak sesuai:

1. Segera Hentikan Penggunaan Produk

Langkah pertama dan terpenting adalah menghentikan penggunaan skincare yang diduga menyebabkan alergi. Terus menggunakan produk tersebut hanya akan memperparah kondisi kulit. 

Jika kamu menggunakan beberapa produk baru, coba hentikan semuanya, kemudian perkenalkan kembali satu per satu untuk mengetahui produk mana yang menyebabkan reaksi alergi.

2. Cuci Wajah dengan Air Bersih

Setelah menghentikan produk yang menyebabkan alergi, segera cuci wajah dengan air bersih. Gunakan air dingin untuk membantu menenangkan kulit yang meradang.

BACA JUGA:8 Ciri Kamu Miliki Aura Menyenangkan yang Bikin Orang Sekitar Nyaman dan Betah Bersama

BACA JUGA:Wajah Rentan Berjerawat? Coba 5 Tips Atasi Acne Prone Skin yang Tak Kunjung Usai

 Hindari penggunaan sabun yang keras atau mengandung pewangi, karena ini bisa memperburuk iritasi. Pilih pembersih wajah yang lembut dan bebas bahan kimia berbahaya.

3. Gunakan Krim Anti Alergi atau Kortikosteroid

Untuk meredakan gejala alergi, seperti gatal dan kemerahan, kamu bisa menggunakan krim anti alergi yang mengandung kortikosteroid atau antihistamin. 

Sumber: