7 Kondisi & Kebiasaan Ibu Hamil yang Dapat Menyebabkan Bayi Terlahir dengan Bibir Sumbing

7 Kondisi & Kebiasaan Ibu Hamil yang Dapat Menyebabkan Bayi Terlahir dengan Bibir Sumbing

Ibu Hamil --freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Bibir sumbing atau celah bibir (cleft lip) adalah kondisi bawaan di mana bibir bayi tidak terbentuk sempurna selama kehamilan. 

Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai faktor, termasuk faktor genetik dan lingkungan. Meskipun penyebab pasti bibir sumbing belum sepenuhnya diketahui, beberapa kondisi dan kebiasaan ibu hamil dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan bibir sumbing

Berikut adalah 7 faktor yang perlu diwaspadai.

1. Kekurangan Asam Folat

Asam folat merupakan vitamin penting yang membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin. 

Kekurangan asam folat selama kehamilan bisa meningkatkan risiko cacat lahir, termasuk bibir sumbing. Itulah sebabnya penting bagi ibu hamil untuk mengonsumsi suplemen asam folat sesuai rekomendasi dokter.

2. Merokok Selama Kehamilan

Merokok merupakan salah satu kebiasaan yang dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan bibir sumbing. Nikotin dan zat kimia berbahaya lainnya dalam rokok dapat mempengaruhi perkembangan janin, termasuk pembentukan wajah.

3. Konsumsi Alkohol

BACA JUGA:Jarang Diketahui Ternyata 5 Manfaat Matcha Ini Bagus Untuk Kesehataan

BACA JUGA:7 Cara yang Ampuh Untuk Mengurangi Rasa Gatal Pada Jerawat, Menurut Para Ahli Dermatologi

Minum alkohol selama kehamilan dapat menyebabkan berbagai masalah perkembangan pada janin, termasuk cacat lahir seperti bibir sumbing. 

Alkohol dapat mengganggu proses pembentukan jaringan dan organ pada janin, sehingga sangat penting untuk menghindari alkohol selama masa kehamilan.

Sumber: