Resep Balado Ikan Asin Cabe Ijo: Pedas Nampol Bikin Makan Nambah Terus

Resep Balado Ikan Asin Cabe Ijo: Pedas Nampol Bikin Makan Nambah Terus

resep sederhana balado ikan asin cabe ijo--cookpad

1/2 sendok teh garam

1/2 sendok teh kaldu bubuk (opsional)

Minyak goreng secukupnya untuk menumis dan menggoreng

BACA JUGA:Resep Seblak Sayap Ayam Kuah Pedas Manis, Santapan Mantap Untuk Bersantai

BACA JUGA:Resep Bihun ala Restoran Berbumbu Gurih Mantap untuk Makan Siang

Cara membuat:

Siapkan ikan asin: Potong-potong ikan asin jika menggunakan jenis yang besar seperti jambal roti. Rendam dalam air hangat selama 10-15 menit untuk mengurangi kadar garamnya, lalu tiriskan. Setelah itu, goreng ikan asin hingga kering dan renyah. Sisihkan.

Buat sambal balado hijau: Cuci bersih cabe hijau, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan tomat hijau. Haluskan semua bahan tersebut dengan cara diulek kasar atau menggunakan blender dengan sedikit air.

Tumis sambal: Panaskan minyak secukupnya di wajan, lalu tumis sambal hijau yang sudah dihaluskan. Tumis hingga harum dan minyak mulai terpisah dari sambal.

Tambahkan bumbu: Masukkan garam, gula, dan kaldu bubuk ke dalam sambal. Aduk rata dan koreksi rasa. Jika sambal sudah pas, kecilkan api.


ilustrasi balado ikan asin cabe ijo--cookpad

BACA JUGA:Resep Tahu Brontak Isi Sayur, Cocok untuk Lauk

BACA JUGA:Resep Spicy Chicken Wings Bumbu Simpel

Campur ikan asin: Masukkan ikan asin yang sudah digoreng ke dalam sambal. Aduk hingga ikan asin terbalut sambal secara merata. Masak sebentar agar bumbu meresap ke dalam ikan asin.

Sajikan: Balado ikan asin cabe ijo siap disajikan. Hidangkan dengan nasi hangat dan pelengkap lainnya seperti lalapan atau sayur asem.

Sumber: