Bruntusan Pada Wajah, Penyebab dan Cara Menghindarinya. Remaja harus Tahu Ini

Bruntusan Pada Wajah, Penyebab dan Cara Menghindarinya. Remaja harus Tahu Ini

Bruntusan Pada Wajah, Penyebab dan Cara Menghindarinya. Remaja harus Tahu Ini--

SILAMPARITV.CO.ID - Bruntusan pada wajah dapat menjadi masalah yang mengganggu bagi banyak orang. Kondisi ini umumnya ditandai dengan munculnya bintik-bintik kecil yang terasa kasar saat disentuh. 

Bruntusan memang tidak membahayakan. Namun, apabila kondisi semakin parah dapat menimbulkan rasa perih dan gatal yang tentunya sangat mengganggu.

Tentunya jika kondisi ini terjadi dapat mengurangi rasa percaya diri. Apalagi ini terjadi pada remaja.

Salah satu penyebab utama bruntusan pada wajah adalah perubahan hormon. Pada masa remaja, kehamilan, atau bahkan saat mengalami stres. 

BACA JUGA:Berikut Cara Hilangkan Penyakit Kulit Seperti Panu, Secara Alami

Perubahan hormon dalam tubuh dapat memicu produksi minyak berlebih di kulit, yang pada gilirannya dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan timbulnya bruntusan.

Selain itu, kebersihan wajah yang kurang optimal juga dapat menjadi faktor pemicu bruntusan. 

Jika wajah tidak dibersihkan secara teratur, minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati dapat menumpuk di permukaan kulit dan menyumbat pori-pori, sehingga memicu timbulnya bruntusan.

Hal lain yang dapat menyebabkan brruntusan adalah Paparan sinar matahari berlebihan. Hal ini juga dapat berkontribusi terhadap munculnya bruntusan pada wajah. 

BACA JUGA:Kulit Sehat dan Berat Badan Seimbang, Inilah Manfaat Buah Salak bagi Kesehatan

Sinar ultraviolet dari matahari dapat merangsang produksi minyak berlebih dalam kulit, dan juga dapat merusak tekstur kulit, yang pada akhirnya dapat menyebabkan timbulnya bruntusan.

Untuk mengatasi bruntusan pada wajah, langkah-langkah pencegahan dan perawatan yang tepat dapat diambil. 

Pertama, menjaga kebersihan wajah dengan membersihkannya secara teratur dan menggunakan produk pembersih yang sesuai dengan jenis kulit dapat membantu mengurangi risiko timbulnya bruntusan. 

Idealnya, membersihkan wajah dilakukan 2 kali sehari, yaitu sebelum beraktivitas pada pagi hari dan sesudah melakukan kegiatan di luar rumah pada malam hari. 

Sumber: