BSSN Himbau Untuk Tidak Jual HP dan Laptop Bekas, Ini Bahayanya Jika Nekat Dijual!

BSSN Himbau Untuk Tidak Jual HP dan Laptop Bekas, Ini Bahayanya Jika Nekat Dijual!

--

SILAMPARITV.CO.ID - Bagi Anda yang ingin mencoba menjual perangkat seperti laptop atau HP bekas sebaiknya jangan buru-buru dijual. Sebab akan ada bahaya yang mengintai saat itu.

"Saya menyarankan ke masyarakat kalau misalkan mempunyai laptop bekas atau HP bekas, itu sebaiknya jangan dijual, lebih baik untuk dibiarkan hingga rusak," himbau dari Ketua Tim Insiden Siber Sektor Keuangan BSSN Sandromedo Christa Nugroho.

Terdapat pihak yang tidak bertanggung jawab yang bisa mengambil data dan informasi di dalam perangkat. Meskipun data-data tersebut telah dihapus sebelumnya.

Selain hal itu, data yang sudah dihapus dari trash bin juga masih bisa dilakukan pemulihan. Termasuk juga yang ada dalam riwayat data terhapus di dalam ponsel.

BACA JUGA:Punya Cuan 2 Jutaan, Ini Rekomendasi HP yang Patut Anda Lirik Desember 2023

Sebagai informasi, dalam alat elektronik terdapat dua jenis memori yakni volatile dan non volatile. Memori volatile yaitu merupakan jenis memori dalam komputasi yang membutuhkan daya untuk menyimpan informasi yang disimpan namun akan hilang saat perangkat mati, misalnya memori jangka pendek (random-access memory atau RAM).

Sementara non-volatile adalah memori dengan data yang tetap masih ada meski perangkat mati. "Karena ada beberapa memori yang sifatnya bisa jadi metadata, hal tersebut kita bisa lakukan analisis lebih lanjut dengan menggunakan teknik digital forensik, dan ada beberapa data yang bisa dipulihkan, meski kemungkinannya tidak 100 persen data terbaru," jelas dia.

Bagi Anda yang ingin tetap menjual perangkat, lebih disarankan untuk Anda mengganti hardisk terlebih dulu. Dengan begitu Anda bisa menghindari risiko data diambil oleh pihak yang tidak dikenal.

"Kami menyarankan bagi Anda untuk mengambil terlebih dahulu memorinya sebelum melakukan transaksi penjualan, seperti hard disk, atau bisa ditukar dengan hard disk yang lainnya, namun jika pun memang bisa, sebaiknya tidak usah dijual daripada kerugiannya lebih banyak nanti," ungkapnya.

BACA JUGA:Xiaomi Redmi 3C 5G, HP Gaming Dengan Kamera 50 MP

Sumber: