Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Ayo Atasi Perundungan: Ini Bukan Dampak Perundungan

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Ayo Atasi Perundungan: Ini Bukan Dampak Perundungan

Kunci Jawaban Post Test Modul 2 Ayo Atasi Perundungan: Ini Bukan Dampak Perundungan--ist

SILAMPARITV.CO.ID - Program Roots Indonesia kembali menjadi perhatian dalam upaya menekan angka perundungan (bullying) di lingkungan sekolah melalui modul pembelajaran khusus. Salah satu materi yang diujikan dalam pelatihan adalah Modul 2: Keterampilan Dasar Agen Perubahan, yang mengajarkan siswa menjadi pelopor dalam mencegah dan mengatasi perundungan.

Dalam proses pembelajaran ini, peserta diwajibkan mengikuti Post Test sebagai bentuk evaluasi pemahaman. Salah satu soal yang sering muncul adalah mengenai dampak perundungan dan perilaku yang bukan merupakan dampaknya.

BACA JUGA:Pemerintah Kembali Salurkan Dana PIP Mulai 10 April 2025: Ribuan Siswa Kelas Akhir SD, SMP, SMA, dan SMK

BACA JUGA:Misteri Kematian Robert Marlando Terungkap: Pesta Miras dan Narkoba Berujung Maut, Enam Orang Ditangkap

Artikel ini menyajikan ulasan lengkap beserta kunci jawaban dari soal tersebut untuk membantu guru, siswa, dan seluruh pihak yang terlibat dalam program memahami materi dengan lebih baik. Berdasarkan informasi yang dikutip dari laman resmi guru.kemdikbud.go.id, Post Test ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana agen perubahan mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk perundungan dan dampaknya terhadap korban.

Modul 2: Keterampilan Dasar Agen Perubahan

Post Test

Soal 1

Berikut ini yang bukan merupakan dampak dari perundungan adalah ....

BACA JUGA:Pemerintah Pusat Tegaskan Larangan Pengangkatan Honorer Baru, Pemda Diminta Fokus Tuntaskan Status Non-ASN

BACA JUGA:Waspada Ketombe Basah! Ini Penyebab Utama dan Cara Ampuh Mengatasinya Agar Rambut Kembali Sehat dan Bersih

A. Kurang percaya diri

B. Kesedihan dan kemurungan

C. Mempererat pertemanan

D. Menyakiti diri sendiri atau orang lain, bahkan bunuh diri

Jawaban: C. Mempererat pertemanan

Soal 2

Apa saja karakteristik dari sebuah pertemanan/hubungan yang sehat?

A. Memaksakan pendapat

B. Selalu mengikuti permintaan teman

C. Memprovokasi teman

D. Mendengarkan ide dan pendapat orang lain

Jawaban: D. Mendengarkan ide dan pendapat orang lain.

Soal 3

Siapakah yang membuat kesepakatan kelas dalam pertemuan Program Roots Indonesia?

BACA JUGA:Tes Kemampuan Akademik (TKA) Gantikan Ujian Nasional: Lebih Fleksibel, Tidak Wajib, dan Fokus pada Prestasi

BACA JUGA:Pasca Libur Lebaran 2025, PNS dan PPPK Tak Wajib Masuk Kantor 8 April: Terapkan Sistem FWA Sesuai Edaran PANRB

A. Agen Perubahan

B. Kepala sekolah

C. Wali kelas

D. Guru BK

Jawaban: C. Wali kelas

Soal 4

Seorang peserta didik memarahi temannya secara kasar karena tidak menuruti permintaannya. Gaya komunikasi yang digunakan adalah:

A. Agresif

B. Submisif

C. Asertif

D. Pasif

Jawaban: A. Agresif

Soal 5

Aktivitas apa yang dapat dilakukan untuk melatih peserta didik berpikir tentang perundungan yang terjadi di satuan pendidikan?

A. Ngobrol Yuk

B. Ayo Berpikir

C. Kotak perubahan

D. Bermain peran

Jawaban: B. Ayo Berpikir

BACA JUGA:Efektif Redam Kemacetan, Pelabuhan Wika Beton Jadi Solusi Arus Balik Lebaran 2025 di Bakauheni

BACA JUGA:Adu Kuat Puncak Grup C Piala Asia U-17 2025: Timnas Indonesia U-17 Vs Yaman, Ini Jadwal Siaran Langsung

Sumber: