3 Amalan yang Tidak Pernah Terputus Pahalanya Walaupun Telah Meninggal Dunia

3 Amalan yang Tidak Pernah Terputus Pahalanya Walaupun Telah Meninggal Dunia

ilustrasi amal jariyah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDApakah sebagian dari kita pernah memikirkan bahwa dalam agama Islam itu memiliki amalan yang tidak pernah terputus? 

Secara linguistik, Amal Jariyah terdiri dari dua suku kata: “Amal” dan “Jariyah”. Keduanya berasal dari bahasa Arab, dengan "Amal" yang berarti tindakan dan "Jariyah" yang berarti aliran.

"Amal jariyah" adalah perbuatan seseorang yang tidak terputus pahalanya meskipun ia meninggal dunia. Rasulullah SAW pernah menyebutkan tiga amalan yang meliputi sedekah: memberi sedekah kepada anak yang shaleh dan bertakwa, ilmu yang bermanfaat, dan doa. Hadits tersebut diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA dalam Hadits Imam Muslim. Nabi SAW bersabda:

 إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Kehendak Allah حٍ يَدْعُو لَه ُ

BACA JUGA:Meskipun Berat, Ujian Cinta Ini Justru Akan Membuat Hubungan Tumbuh Dewasa

Artinya: “Jika seseorang meninggal dunia, maka ia mendoakan segala sesuatu kecuali tiga hal, yaitu sedekah, ilmu yang bermanfaat, dan doa untuk anak-anak orang yang bertakwa lagi shaleh. Amal shalehnya tertolak.”  

Kecuali tiga amal shaleh yang berharga, kekal, dan berguna di dunia dan akhirat, kekayaan yang terkumpul tidak membuat seseorang tidak ada yang bisa menyelamatkannya dari penderitaan. Selama amalannya digunakan oleh orang lain, amalan itu akan memberinya pahala. Berikut tiga kebiasaan yang tidak akan terputus pahalanya walaupun seseorang itu sudah meninggal. 

Yuk simak apa saja amalan tersebut!

1. Amal jariyah

BACA JUGA:Ingin Momen Hari Ibu Lebih Spesial? Berikut Ucapan Selamat Hari Ibu Menyentuh Hati

Amal Jariyah merupakan amal yang dapat bermanfaat bagi banyak orang. Oleh karena itu, pahala sedekah Jariyah tidak akan hilang meskipun pemberinya meninggal dunia.

Contoh sedekah jariyah yaitu membangun tempat ibadah, menyediakan tanah, membuat sumber air  untuk dimanfaatkan bagi kemaslahatan masyarakat, dan lain-lain.

Sedekah tidak lagi berupa kekayaan materi, namun bisa juga mengambil bentuk tindakan atau energi. Sebagaimana disebutkan dalam ayat 7 surat Az-Zalzalah dalam Al-Quran, Allah SWT akan memberi pahala kepada orang yang bersedekah, sekecil apa pun. Barangsiapa yang beramal shaleh seberat sebutir debu, niscaya  akan mendapat pahala.

Sumber: