10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

10 Manfaat Serai untuk Kesehatan dan Efek Samping Bagi Tubuh

Foto Sereh--

SILAMPARITV.CO.IDDi Indonesia, serai digunakan untuk bumbu makanan. Tak hanya itu saja Serai juga bisa dikonsumsi menjadi minuman herbal, minyak atsiri, dan aromaterapi. Ada beragam manfaat serai untuk kesehatan.

Serai atau sereh adalah tanaman yang sangat mudah untuk tumbuh. Tamanan ini bisa tumbuh tinggi dan memiliki tangkai, sereh punya aroma unik seperti lemon segar dan rasa jeruk. Manfaat serai baik untuk kesehatan.

Anda bisa meminum sereh untuk aroma terapi dan daunnya bisa dioleskan pada kulit yang terluka.

Di Indonesia, serai digunakan sebagai penyedap rasa makanan. Daun serai bisa menjadi teh herbal dan dicampur dengan lemon. Sementara di Thailand, tanaman ini digunakan sebagai bahan masakan dan pengusir serangga.

BACA JUGA:Hobi Minur Air Kelapa? Sebaiknya Hindari Bagi 7 Kelompok Orang Ini

Sereh bisa dipakai untuk bahan kecantikan seperti deodoran, sabun, dan kosmetik.

Di Indonesia, batang dan daun sereh bermanfaat untuk pengobatan penyakit seperti menurunkan menurunkan demam, meredakan nyeri dan bengkak, dan melancarkan menstruasi.

Manfaat Serai untuk Kesehatan Ada beberapa manfaat serai seperti meningkatkan kekebalan tubuh, mengurangi kolesterol dalam darah, meningkatkan kualitas tidur, dan menghilangkan rasa sakit.

Minyak atsiri dari bahan serai ini bisa mengusir nyamuk, menyegarkan udara, dan mengurangi stress. Menghimpun berbagai sumber, berikut beberapa manfaat dari serai:

BACA JUGA:Hobi Makan Seblak? Ini Dia Bahaya Makan Seblak Secara Berlebihan

1. Mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang Minuman dari bahan serai mengandung antimikroba yang baik untuk tubuh. Dari penelitian yang diterbitkan Journal National Institutes of Health, minyak esensial dari sereh memiliki kemampuan melawan mikroba.

Penelitian tersebut menemukan kandungan antimikroba bisa melawan Streptococcus mutans. Bakteri tersebut dapat merusak gigi berlubang. Serai bisa digunakan sebagai obat penyembuh luka dan infeksi.

Kandungan antimikroba ini bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit, infeksi darah, infeksi usus, dan paru-paru.

2. Mengobati penyakit kulit Sereh memiliki sifat antijamur sehingga efektif untuk pencegahan penyakit kulit. Mengutip dari healthline.com, minyak serai efektif mencegah penularan jamur di area kulit.

Sumber: