Jangan Dibuang! 5 Kulit Buah Ini Bagus untuk Menyuburkan Tanaman

Jangan Dibuang! 5 Kulit Buah Ini Bagus untuk Menyuburkan Tanaman

ilustrasi kulit buah untuk pupuk--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKulit buah merupakan salah satu limbah dapur yang paling umum. Namun jangan salah, kulit buah ternyata mengandung nutrisi yang baik untuk tanaman. Salah satu cara pemanfaatan kulit buah adalah dengan mengubahnya menjadi pupuk. 

Meskipun pupuk komersial mudah didapat di pasaran, namun penggunaan pupuk organik  jauh lebih memuaskan. Dengan mendaur ulang kulit buah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat, kita dapat membantu mengurangi potensi tumpukan sampah di lingkungan. 

Berikut 5 kulit buah yang bermanfaat sebagai pupuk.

1. Kulit pepaya 

BACA JUGA:5 Hal yang Harus Dipersiapkan untuk Menyambut Tahun Baru, Yuk Simak!

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan kulit pepaya pada tanaman lebih baik dibandingkan pupuk komersial. Kulit pepaya kaya akan mikroba dan nutrisi tanah seperti mineral, potasium, protein dan beta-karoten.

2. Kulit apel 

Kulit apel diperkaya dengan vitamin A, vitamin C, zat besi, kalsium, fosfor, asam folat dan kalium yang berguna untuk pertumbuhan tanaman. Beberapa sumber menyatakan bahwa penggunaan pupuk  bunga kulit apel tidak meninggalkan bau, baik bagi tanaman karena tidak mengundang serangga.

3. Kulit mangga 

BACA JUGA:Ikan Pari Jawa yang Resmi Punah Akibat Ulah Manusia

Mengandung asam folat, vitamin A, vitamin C, vitamin B6, serat, kalium dan tembaga, kulit mangan sangat cocok  sebagai pupuk organik bagi tanaman. Kulit mangga dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk bunga, tanaman herbal dan sayuran karena dapat meningkatkan pertumbuhan  tanaman.

4. Kulit jeruk 

Kandungan kalium, kalsium, zat besi dan zinc pada kulit jeruk sangat baik untuk pertumbuhan sayuran hijau dan buah-buahan lainnya. Kandungan tersebut dapat membantu memperbaiki kondisi tanah dan memenuhi kebutuhan unsur hara mikro tanaman. 

Kulit jeruk juga banyak mengandung nitrogen yang merupakan zat yang sangat penting dan merupakan pupuk yang baik. Zat ini dapat mendorong pertumbuhan daun dan bunga sehingga bermanfaat bagi tanaman.

Sumber: