Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan

Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan

Mengenal Ikan Botia Asli dari Perairan Sumatera dan Kalimantan--

SILAMPARI.CO.ID – Ikan botia (Chromobotia macracanthus) merupakan salah satu ikan endemik dari Indonesia, Botia dapat ditemukan d air tawar seperti di sungai Kalimantan dan singai Sumatera.

Keindahan dan sifatnya yang unik membuatnya menjadi salah satu ikan favorit di dunia akuarium.

Ikan botia ini memiliki nama lokal tersendiri di setiap wilayahnya, di wilayah Kalimantan, nama daerah/lokal ikan ini adalah ikan Jono, ikan Langli, atau ikan Languli, sedangkan di wilayah Sumatera, Ikan botia biasa disebut ikan Macan, ikan Gejobang, ikan Cubing, ikan Kecubang, ikan Biju Bana, ikan Merah, ikan jublang, atau ikan Bajubang.

Ikan botia sendiri siklus hidup asli di dasar sungai yang berbatuan dengan sifatnya yang bergelombol ikan ini menjadi incaran para pencinta aquascape dengan perpaduan dengan warnanya.

BACA JUGA:Cara Merawat Ikan Channa Yellow Maru Yang Baik dan Sehat

Namun, ikan botia memiliki bentuk tubuh pipih dan bulat memanjang yang ditutup sisik halus (sikloid). Kepala ikan Botia memiliki bentuk seperti torpedo yang agak meruncing ke arah mulut.

Sedangkan di mulut botia terdapat empat buah sungut/patil sebagai alat perlindungan diri jika merasa terancam/merasa dalam bahaya.

Ikan ini juga memiliki sepasang sirip dada (pectoral), sirip perut (ventral) serta sirip punggung (dorsal) serta sirip ekor yang bercagak.

Akan tetapi sirip punggung pada  botia didominasi oleh warna kehitaman dan sedikit oranye, sirip dada serta sirip perut ikan Botia memiliki warna orange, sedangkan sirip ekornya berwarna orange terang.

BACA JUGA:7 Tips Cara Budidaya Ikan Channa Agar Cepat Sukses

Adapun ciri khas Botia yakni, memiliki warna kuning cerah dan terdapat tiga garis hitam lebar yang berada di bagian kepala, depan sirip punggung, serta di bagian belakang sirip punggung.

Sementara, garis pertama melingkari kepala dan melewati mata, garis kedua berada di bagian depan sirip punggung, sedangkan garis ketiga berada di bagian belakang sirip punggung hingga pangkal ekor.

Salah satu keunikan yang paling menarik tentang ikan botia adalah sifatnya yang sosial.

Ikan ini cenderung hidup dalam kelompok dan interaksi antar anggotanya sangatlah menarik untuk diamati.

Sumber: