Mengenal dan Cara Merawat Ikan Hias Botia Asli dari Indonesia

Mengenal dan Cara Merawat Ikan Hias Botia Asli dari Indonesia

Mengenal dan Cara Merawat Ikan Hias Botia Asli dari Indonesia--

SILAMPARITV.CO.ID - Ikan botia merupakan ikan asli dari perairan Indonesia tepatnya berasal dari Kepulauan Kalimantan dan Sumatera. 

Ikan ini memiliki perpaduan warna oranye kemerahan dengan perpaduan garis hitam di tubuhnya. Chromobotia macracanthus atau biasa dikenal dengan botia. 

Jika di perairan tepatnya di daerah Sentarum, kalimantan Barat ikan botia biasa di sebut dengan ulanguli.

Ikan botia asli perairan Indonesia ini sudah lama menjadi komoditas ekspor. Nama Chromobotia itu sendiri berasal dari bahasa Yunani. 

BACA JUGA:Ishikawa Jepang Kembali Diguncang Gempa, 180 Orang Meninggal Dunia

kata khroma memiliki arti 'warna' dan nama generik Botia mengacu pada pola warna yang cerah spesies ini. 

Ikan Botia yang berumur dewasa biasanya memiliki ukuran panjang sekitar 40cm.

Namun, sangat jarang sekali di temukan ikan botia dengan panjang hingga mencapai 40cm, rata-rata ikan botia yang sering di jumpai ketika berumur dewasa memiliki panjang tubuh 20 hingga 30cm. 

Untuk mencapai ukuran maksimal akan memerlukan waktu lama karena botia dewasa yang sudah mencapai ukuran 15-20cm pertumbuhan ikan akan semakin melambat.

BACA JUGA:Ini Cara Membudidaya Ikan Mas Produksi, Raup Cuan Gede di Sini!

Selain itu, untuk merawat Ikan Botia (Chromobotia macracanthus) yang masih anakan kemungkinan tidak memerlukan ukuran akuarium yang besar.

Sementara untuk ukuran akuarium yang dibutuhkan yaitu 80*40*40 sudah cukup untuk merawat anakan ikan botia secara berkelompok. 

Ikan botia sebaiknya dipelihara secara berkelompok dengan minimal jumlah ikan adalah lima ekor, guna untuk membuat mereka nyaman hidup di dalam akuarium. 

Apabila kurang dari itu maka akan ada sosok botia penguasa yang membuat akan botia lainnya menjadi minder dan akhirnya sering bersembunyi.

Sumber: