Pertama Kali di Dunia, Golongan Darah 'P' yang Super Langka Ditemukan di China

Pertama Kali di Dunia, Golongan Darah 'P' yang Super Langka Ditemukan di China

ilustrasi golongan darah--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBelum lama ini, di Tiongkok, ditemukan jenis baru golongan darah  yang sangat langka, yaitu golongan darah P. 

Menurut laporan Global Times, kasus golongan darah P ditemukan oleh staf medis di provinsi tersebut, Jiangsu, timur China

Tidak hanya Tentu saja, golongan darah P bahkan dianggap lebih langka dibandingkan subtipe "darah dinosaurus" atau "darah rakun", Yuk simak selengkapnya.

Nah, bagaimana cara mengetahui golongan darah P? Menurut Modern Express Post dan South China Morning Post, penemuan itu terjadi saat tes darah rutin tahun lalu di sebuah rumah sakit di Taizhou, provinsi Jiangsu.

BACA JUGA:Ini dia 7 Rekomendasi Parfum Wanita Harum dan Tahan Lama

Hanya ada sekitar selusin kasus orang dengan golongan darah P yang tercatat di Tiongkok, sebuah kelompok dengan frekuensi kurang dari satu dalam sejuta. Menurut Global Times, penemuan ini menambah kasus baru golongan darah langka yang tercatat dalam sejarah.

Penemuan ini terjadi tahun lalu ketika Rumah Sakit Rakyat Taixing di Taizhou, provinsi Jiangsu, Tiongkok sedang melakukan pemeriksaan kesehatan rutin.

Cao Guoping, spesialis transfusi darah di rumah sakit, dokterlah yang menemukan hal langka ini. 

Cao mengatakan golongan darah P sering diabaikan karena tidak dapat dideteksi dengan reagen yang ada untuk golongan darah ABO dan Rh, yang merupakan kelompok paling umum di seluruh dunia.

BACA JUGA:Bukan Hanya Daging, 7 Buah Ini Juga Kaya akan Protein!

Oleh karena itu, orang yang bergolongan darah P hanya bisa menerima transfusi darah dengan golongan darah yang sama. Hal ini terutama berlaku untuk orang hamil.

Cao menjelaskan kepada South China Morning Post, Senin 8 Januari 2024: “Dalam kasus wanita bergolongan darah P, adanya antibodi 'anti-Tja' yang langsung menyerang plasenta dapat menyebabkan keguguran, kehamilan ganda, dan bahkan lahir mati. 

Desember lalu, Pusat Informasi Bioteknologi Nasional AS mengatakan nukleotida dalam sampel tidak pernah terdeteksi  di mana pun di dunia.

Diketahui, golongan darah P rupanya sudah pernah ditemukan di tahun 1927. Saat itu pun masuk ke kategori dalam subtipe 5 yang bergantung pada antigen pada permukaan sel darah merah.

Sumber: