Apa Itu Fobia? Ini Cara Mengatasi 3 Tipe Fobia

Apa Itu Fobia? Ini Cara Mengatasi 3 Tipe Fobia

Fobia merupakan bagian dari gangguan mental--

SILAMPARITV.CO.ID - Fobia merupakan bagian dari gangguan mental, yakni Anxiety Disorder, Fobia juga memiliki 3 tipe, untuk mengetahuinya lebih dalam, simak di sini selengkapnya.

Seseorang yang memiliki gangguan fobia akan mengalami rasa takut yang berlebihan dan tidak rasional yang disebabkan oleh suatu hal tertentu.

Namun, gangguan fobia itu sendiri terdiri dari 3 tipe yakni agorafobia, fobia sosial dan fobia spesifik. Agorafobia adalah fobia terhadap ruang terbuka.

Sementara, yang memiliki ganguan fobia terhadap ruang terbuka akan merasa takut dan cemas yang berlebihan saat mereka berada di kerumunan atau di luar rumahnya semdiri.

BACA JUGA:Nikmati Pemandangan Indah dan Sejuk dari atas Gunung Dempo, Ini Tips Berwisata di Gunung Dempo Pagar Alam

Selain itu, fobia sosial dikenal juga sebagai social anxiety disorder merupakan fobia menghadapi orang lain atau situasi sosial apapun. 

Penyandang fobia ini akan selalu merasa tidak nyaman apabila harus bersosialisasi dan merasa bahwa orang-orang disekitarnya selalu menghakiminya ataupun tidak menyukainya.

Sedangkan, Tipe terakhir yaiutu Fobia Spesifik merupakan segala macam fobia terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian spesifik.

Fobia spesifik benar-benar mencakup segala macam fobia yang ada Fobia terhadap laba-laba, ketinggian, air, tempat-tempat sempit, darah dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Sepatu Running Terbaik yang Nyaman Digunakan Saat Ingin Melakukan Rutinitas Joging

Pada dasarnya, ada 5 kategori umum untuk fobia spesifik yaitu binatang, lingkungan, cedera, situasi tertentu, dan lain-lain yang merupakan kategori untuk semua macam fobia yang tidak termasuk tipe fobia yang telah disebutkan tadi.

Fobia spesifik pada umumnya muncul di usia muda atau dini, tepatnya saat usia 4 sampai 8 tahun. Fobia ini timbul akibat pengalaman traumatis. 

Seperti contoh, claustrophobia dapat timbul akibat pernah dikurung di kamar sempit pas masih kecil.

Gangguan Fobia spesifik dapat muncul karena mempelajari sikap tersebut dari orang tuanya yang juga menderita suatu fobia.

Sumber: