Bisakah Rumput Laut Menjadi Pengganti BBM Seperti yang Dikatakan Prabowo? Cek di Sini!

Bisakah Rumput Laut Menjadi Pengganti BBM Seperti yang Dikatakan Prabowo? Cek di Sini!

ilustrasi rumput laut --freepik

SILAMPARITV.CO.IDPara ahli mengungkap potensi besar rumput laut sebagai pengganti bahan bakar minyak (BBM), seperti yang dikatakab oleh calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto.

Sebelumnya, dalam dialog TVOne, Prabowo mengungkapkan bahwa rumput laut bisa dijadikan sumber energi.

“Kita semua bisa memanfaatkan rumput laut sebagai pengganti pupuk untuk bertani, dan juga kita bisa memanfaatkan rumput laut sebagai pengganti bahan bakar. Rumput laut yang sangat luar biasa,” ujarnya saat Moderator menanyakan pengembangan produk ke depannya.

“Industri ini juga tidak mahal,” lanjut politikus yang juga menjabat Menteri Pertahanan itu.

BACA JUGA:Bahannya Terbuat dari Alam, Inilah 4 Baju Adat yang Paling Unik di Indonesia

Benarkah Begitu?

Hero Jan (H.J.) Heeres, direktur teknik dan teknologi di Institut Groningen di Belanda, setuju bahwa rumput laut dapat menjadi solusi inovatif yang tidak bergantung pada bahan bakar fosil, termasuk BBM.

Hal ini terungkap pada Festival Bioteknologi (BE Fest) 2023 yang mengusung tema “Evaluasi biomassa untuk produksi bioproduk”, di Labtek IA di Institut Teknologi Bandung (ITB) Kampus Jatinangor pada Kamis (16/11/2023).

Dalam sebuah paparan yang berjudul ‘From Biomass to Biobased Chemicals: The Seaweed Case’, akademisi bergelar Profesor ini mengungkap bahwa potensi biomassa, khususnya rumput laut merah (Eucheuma Cottonii), bisa dijadikan sebagai sumber energi dan bahan baku industri.

BACA JUGA:Daftar Negara Paling Mager di Dunia, Indonesia Juara 1? Cek di Sini!

Menurutnya, rumput laut ini dapat menjadi sumber daya yang dapat diandalkan untuk produksi bahan kimia berbasis bio.

Ia mengatakan organisme ini dapat tumbuh di berbagai lingkungan, termasuk air tawar, air asin, dan limbah kota. Rumput laut merah bisa tumbuh relatif cepat dan dapat dipanen dalam perkiraan waktu enam minggu.

Kandungan karbohidratnya juga termasuk tinggi, mencapai 84 persen. Selain dari itu, rumput laut merah tidak mengandung lignin sehingga mudah untuk terurai.

“Rumput laut Merah Mengandung Senyawa Karagenan dan Agarosa”

Sumber: