Mengapa Ada Ekstrakurikuler di Sekolah? Ini Manfaat Ekstrakulikuler untuk Siswa

Mengapa Ada Ekstrakurikuler di Sekolah? Ini Manfaat Ekstrakulikuler untuk Siswa

ilustrasi eskul di sekolah--freepik

SILAMPARITV.CO.ID - Tahukah siswa bahwa kegiatan ekstrakurikuler di sekolah bisa memberi banyak manfaat penting serta memberikan wawasan yang luas. Baik untuk perkembangan individu maupun skill yang dibutuhkan untuk jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam jenjang pendidikan di sekolah, siswa tak hanya fokus ke akademiknya saja tetapi perlu menyalurkan potensi lainnya. 

Kegiatan ekstrakurikuler inilah yang biasanya menjadi wadah guna untuk mengembangkan potensi dan wawasan siswa di luar akademik.

Lantas apa saja sih manfaat dalam memngikuti ekstrakurikuler di sekolah bagi siswa? Simak rangkumannya dikutip dari laman detik.edu

BACA JUGA:Kegiatan Silaturahmi Kapolres Lubuklinggau Kepada Penghuni Yayasan Rehabilitas Sosial

Ini 4 Manfaat Ekstrakurikuler di Sekolah:

1. Sarana Mengasah Bakat dan Minat Kamu

Dengan potensi yang kamu miliki bisa jadi itu adalah bakat dan minat yang paling menonjol, Hal itu bisa ditemukan salah satunya dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan di sekolah seperti ekstrakurikuler.

Kamu bebas memilih ekstrakurikuler apa saja yang sesuai dengan bakat dan minat kamu sendiri, Misalnya kamu gemardengan berpetualang maka bisa ikuti ekstrakurikuler pecinta alam atau pramuka, Kalau kamu gemar menggambar atau bermain musik silahkan ikuti ekstrakurikuler kesenian.

BACA JUGA:Alasan Kenapa Nasi di Indonesia Berbeda dengan Nasi yang Ada di Jepang

Nah, dengan kamu mengikuti ekstrakurikuler tersebut maka kalian bisa melatih bakat dan potesi dalam diri kamu, sehingga bisa lebih terarah dan berkembang lebih luas, siapa sangka di masa depan bisa menjadi profesi yang di banggakan.

2. Tempat Belajar Berorganisasi dan Sosialisasi

Apabila kamu lebih cenderung pendiam dan pemalu di dalam kelas, ekstrakurikuler bisa menjadi suatu solusi, dimana nantinya kamu akan menemukan serta menambah teman- teman baru yang mempunyai hobi sama dengan kamu.

Hal ini bisa membantu kamu untuk belajar berorganisasi, berkumpul dan bersosialisasi. 

Sumber: