Inilah Macam-Macam Keanekaragaman Budaya Nusantara di Indonesia

Inilah Macam-Macam Keanekaragaman Budaya Nusantara di Indonesia

ilustrasi budaya nusantara di indonesia--freepik

SILAMPARITV.CO.IDIndonesia dikenal sebagai negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang dihuni oleh ratusan suku.

Keberagaman suku bangsa menimbulkan kekayaan budaya daerah di setiap daerah.

Artikel ini akan membahas tentang keberagaman budaya daerah di Indonesia beserta contohnya, seperti tarian tradisional, adat istiadat, arsitektur, dan makanan khusus, bertujuan untuk menggambarkan identitas penting dan keunikan budaya lokal Indonesia.

Dilestarikan sebagai warisan nasional, dengan mengeksplorasi budaya daerah beragam, diharapkan dapat mendorong upaya apresiasi dan pelestarian budaya dari masa ke masa.

BACA JUGA:Dikenal Kanibal, Mengenal Suku Dayak Punan yang Konon Katanya Sakti dan Bisa Menghilang

Keragaman budaya nusantara: 

Indonesia kaya akan budaya daerah yang tersebar di ribuan pulau. Setiap suku bangsa di Indonesia mempunyai keunikan budaya dan mengikuti adat istiadatnya secara turun temurun.

Di Pulau Jawa, budaya Sunda tumbuh subur di masyarakat Jawa Barat. Rumah adat Baduy, tari Jaipong, angklung dan batik khas Ciamis merupakan contoh kebudayaan Sunda. 

Sedangkan budaya Jawa terlihat dari Rumah Joglo, tari Remo, gamelan, batik Solo-Yogyakarta hingga tradisi Sekaten dan Grebeg. Di Jawa Timur, budaya penggunaan tari Reyog tumbuh subur.

Di luar Pulau Jawa, Sumatera kaya akan budaya Melayu, terutama di pesisir timur seperti Riau dan pulau-pulau sekitarnya. Rumah adat riau, tari zapin dan masakan khas seperti pempek adalah contoh kebudayaan melayu.

BACA JUGA:5 Keajaiban Budaya Tanah Toraja: Menggali Kearifan Lokal di Jantung Sulawesi Selatan

Di Sumatera Barat, Minangkabau terkenal dengan rumah gadang, patung dan tari Piring serta masakan lamang tapai. 

Sulawesi juga kaya akan budaya seperti budaya Bugis-Makassar di Sulawesi Selatan yang terkenal dengan rumah panggung, pinisi, lego-lego, pajoge dan tari lontara. Di Sulawesi Utara ada Rumah Bolon dan tari Maengket.

Di Kalimantan, suku Dayak mempunyai budaya khas seperti rumah panjang, patung,

Sumber: