Apa Saja Alasan Terjadinya Burnout? Berikut Simak Penjelasannya!

Apa Saja Alasan Terjadinya Burnout? Berikut Simak Penjelasannya!

Inilah sebuah kondisi yang dinamakan burnout.--

SILAMPARITV.CO.IDBurnout merupakan sebuah istilah yang saat ini seringkali dipakai, sebenarnya apa alasan yang menyebabkan terjadinya Burnout? Burnout juga seringkali dikaitkan dengan kelelahan fisik.

Sebagai contoh saat hidup kita dipenuhi dengan aktivitas, seperti bekerja, kuliah atau bersekolah dan lain-lain. Lalu seseorang pasti pernah sangat lelah sampai rasanya tidak lagi memiliki minat dan motivasi untuk melakukan aktivitas pekerjaan atau sekolah.

Inilah sebuah kondisi yang dinamakan burnout. Brunout banyak dialami oleh tenaga kesehatan, pendidikan, pekerjaan kantoran dan juga mahasiswa karena dikaitkan dengan beban yang berat dan banyaknya aktivitas pekerjaan atau perkuliahan.

Brunout merupakan sebuah keadaan kelelahan, baik secara emosional fisik dan mental.

BACA JUGA:KPU Kabupaten Musi Rawas Gelar Bimtek Kepada PPK dan PPS

Ini disebabkan oleh stres berlebih dan berkepanjangan, saat stres berlanjut kita mulai kehilangan minat dan motivasi untuk bekerja atau kuliah, sehingga mengurangi produktivitas dan menguras energi yang akan membuat kita merasa putus asa sinis dan kesal.

Berikut ini Alasan terjadinya Burnout ialah sebagai berikut :

1. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk bekerja atau belajar sampai tidak punya waktu untuk beristirahat dan bersosialisasi.

2. Melakukan aktivitas yang monoton secara terus-menerus, kurang tidur serta kecenderungan untuk bersikap perfeksionis.

BACA JUGA:Hobi Berbisnis, Kenali 6 Hobimu yang Bisa Menghasilkan Uang!

3. merasa tidak memiliki kontrol akan pekerjaan atau kegiatan pembelajaran dan kurangnya penghargaan atas hasil yang baik.

4. kurangnya hubungan yang suportif dan personal.

Cara mengatasi Burnout ialah dengan mencari dukungan dari orang terdekat sebab kontak sosial adalah satu cara terbaik untuk mengurangi stress, lalu cara berikutnya ialah berbicara dengan pendengar yang baik dan mampu mengurangi beban yang terasa berat.

Jika pekerjaan untuk perkuliahan terasa sangat berat dan tidak menyenangkan, coba ganti fokus kita kebagian lain yang menyenangkan, seperti efek positif dari pekerjaan yang kita lakukan atau sekedar bertemu gebetan di kampus.

Sumber: