Apa Itu Interseks? Kenali Ciri-cirinya di Sini!

Apa Itu Interseks? Kenali Ciri-cirinya di Sini!

Tubuh laki-laki atau perempuan jumlah individu intersect secara pasti --

SILAMPARITV.CO.ID - Orang yang memiliki kelamin ganda ternyata bukanlah suatu hal yang mustahil, mereka dengan kelainan ini sering disebut dengan istilah Interseks.

Interseks atau intersect didefinisikan oleh beberapa sumber sebagai individu yang dilahirkan dengan ciri-ciri jenis kelamin, termasuk alat kelamin kelenjar reproduksi dan pola kromosom yang tidak sesuai dengan gagasan biner.

Kelamin ganda juga sering dikaitkan dengan memiliki ovarium dan testis dengan alat kelamin eksternal yang tidak jelas, apakah laki-laki atau perempuan.

Tubuh laki-laki atau perempuan jumlah individu intersect secara pasti masih belum diketahui karena banyaknya kondisi yang tidak terdeteksi. Akan tetapi diperkirakan jumlahnya Sebesar 1,7% totalnya.

BACA JUGA:5 Tips Menjaga Kesehatan Sistem Reproduksi Wanita: Kunci Kesejahteraan dan Kualitas Hidup

Kondisi interseks ini biasanya dikenali sejak lahir tetapi ada beberapa tidak menunjukkan ciri-ciri sampai di usia remaja.

Beberapa kondisi intersect menyebabkan bayi dilahirkan dengan alat kelamin yang tidak dapat dengan mudah diklasifikasikan sebagai laki-laki atau perempuan atau sering disebut dengan ambigu.

Terdapat empat tipe intersect, yakmni 46 xx, intersex 46x y, intersectrugonal xx . Interseks memiliki kromosom perempuan sel telur tetapi alat vital yang tampak adalah laki-laki.

Hal ini paling sering terjadi kelamin ganda ini karena janin perempuan yang terpapar hormon laki-laki berlebih sebelum lahir.

BACA JUGA:Ternyata Ini 5 Penyebab Tidur Ngiler, Yuk Cek Disni!

Kromosom yang dimiliki ialah laki-laki tetapi alat kelamin luarnya tidak terbentuk sempurna atau nampak ambigu, bahkan nampak layaknya perempuan secara internal. Padahal testis mungkin normal dan  tak mengalami kecacatan.

Di mana kondisi kelamin ganda ini keuda alat kelamin luar mungkin nampak ambigu atau mungkin tampak seperti perempuan atau laki-laki.

Kompleks intersect memiliki susunan kromosom abnormal seperti 45 XO atau hanya satu kromosom X dan jumlah kromosomnya kurang seperti 47 xxy 47 xxx yang memiliki kromosom sex extra gangguan.

Kondisi intersect dapat dikoreksi ketika bayi lahir dengan alat kelamin yang ambigu, di mana Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorium untuk menentukan seperti apa kondisi bayi tersebut.

Sumber: