Apakah Kamu Tau Alat Musik yang Terkenal di Indonesia Ini Berasal dari Daerah Mana? Cek di Sini!

Apakah Kamu Tau Alat Musik yang Terkenal di Indonesia Ini Berasal dari Daerah Mana? Cek di Sini!

ilustrasi musik angklung--freepik

SILAMPARITV.CO.IDTahukah anda darimana angklung berasal? Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia.

Alat musik bambu ini juga diakui sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 2010. Bahkan, setiap tanggal 16 November diperingati sebagai Hari Angklung Sedunia.

Lihat informasi lengkap tentang angklung di bawah ini.

Dari mana asal usul angklung? Angklung merupakan alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat.

BACA JUGA:Mengenal Jaran Kepang, Warisan Budaya Jawa yang Harus Dilestarikan

Mengutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, angklung berasal dari bahasa Sunda angkleung-angkleungan yang berarti gerak pemain angklung dan bunyi klungnya.

Secara etimologis, angklung berasal dari kata “angka” yang berarti nada dan “paru” yang berarti patah. Oleh karena itu, angklung mengacu pada nada yang rusak atau tidak lengkap.

Permainan angklung telah ada selama 400 tahun. Di Kerajaan Sunda, angklung dipertunjukkan sebagai bentuk pemujaan kepada Nyai Sri Pohaci sebagai lambang Dewi Sri. 

Sedangkan di Kidung Sunda, angklung dibacakan seperti alat musik yang dimainkan untuk merangsang gairah pikiran pada masa perang.

BACA JUGA:Ini dia Asal Usul Kesenian Tari Jaranan, Salah Satu Kesenian Budaya Indonesia

Alat Musik angklung ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara diguncang.

Jenis bambu yang biasa digunakan yaitu bambu hitam (awi wulung) dan bambu ater (awi temen) yang bisa berubah warna menjadi putih jika dikeringkan.

Jenis-jenis Angklung:

Selama perjalanannya banyak daerah di Indonesia yang memproduksi jenis angklung baru. Berikut jenis-jenis angklung yang ada di Indonesia:

Sumber: