Ingin Berhasil dalam Hal Apa Pun? Ini Dia 5 Cara Agar Terhindar dari Sifat Malas

Ingin Berhasil dalam Hal Apa Pun?  Ini Dia 5 Cara Agar Terhindar dari Sifat Malas

ilustrasi malas belajar--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKemalasan merupakan kebiasaan buruk yang masih ada pada diri manusia. Tentu saja sifat malas ini akan menjadi faktor penyebab kesulitan dalam hidup. 

Lebih lanjut, jika hal ini terjadi pada siswa, maka karakteristik tersebut akan berdampak buruk pada hasil belajar.

Menurut Anda, faktor apa saja yang menyebabkan siswa malas belajar? Biasanya siswa kurang memahami mata pelajaran karena sulit, pembelajaran membosankan, guru tidak menyenangkan, bahkan memilih untuk lebih tertarik dengan permainan atau membaca komik merupakan masalah yang sering muncul dikalangan siswa. 

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa tips menghilangkan rasa malas dalam belajar. Mari kita lihat bersama:

BACA JUGA:Pengaruh Game Online Terhadap Penyelesaian Tugas Sekolah Siswa

1. Motivasi diri

Motivasi diri merupakan hal yang penting bagi siswa. Setiap orang membutuhkan dorongan dalam aktivitas sehari-harinya. Kita harus memahami bahwa motivasi terbesar seseorang adalah dirinya sendiri. 

Semakin jelas Anda mengetahui tujuan dan manfaat belajar, maka semakin tinggi pula motivasi Anda untuk berhasil belajar. Tergantung kemauan dan kesadaran diri masing-masing orang. Hal yang paling penting untuk diperhatikan adalah kesadaran diri akan pentingnya belajar untuk mempersiapkan ujian yang akan datang.

2. Identifikasi strategi belajar

BACA JUGA:Pentingnya Memiliki Adab dan Etika dalam Menuntut Ilmu

Setiap orang mempunyai cara belajarnya masing-masing. Mendengarkan musik sambil belajar merupakan salah satu cara untuk mengurangi rasa bosan bahkan penat saat mengerjakan pekerjaan rumah. 

Salah satu jenis musik yang cocok untuk dipelajari adalah musik instrumental yang mempunyai efek menenangkan pikiran dan mempengaruhi suasana hati seseorang.

 Selain itu, belajar dengan mendengarkan musik juga dapat melatih fungsi multitasking otak. Tujuan dari multitasking adalah melakukan dua aktivitas berbeda secara bersamaan dapat melatih otak Anda untuk fokus pada suatu hal dengan tujuan berbeda.

3. Mengenal lingkungan belajar yang sesuai

Sumber: