Ingin Berhasil dalam Hal Apa Pun? Ini Dia 5 Cara Agar Terhindar dari Sifat Malas

Ingin Berhasil dalam Hal Apa Pun?  Ini Dia 5 Cara Agar Terhindar dari Sifat Malas

ilustrasi malas belajar--freepik

BACA JUGA:Inilah 5 Dampak Anak yang Malas Belajar, Salah Satunya kehilangan Rasa Percaya Diri

Lingkungan belajar merupakan salah satu peran yang menunjang keberhasilan pembelajaran. Lingkungan yang mendukung dan suasana yang baik akan membuat belajar menjadi nyaman. Oleh karena itu, ruang kelas yang rapi dan tertata rapi akan menciptakan suasana belajar yang nyaman. 

Begitu pula di dalam ruangan, jika ruangan tersebut terdapat ruang belajar atau meja belajar maka akan tercipta suasana belajar yang lebih nyaman dibandingkan belajar di tempat tidur sehingga akan menimbulkan rasa ngantuk seketika dan membuat rasa malas saat belajar.

Jangan lupa untuk membereskan meja belajarmu dan mendekorasinya dengan berbagai cara unik seperti memasang foto atau poster idolamu agar kamu semangat belajar.

4. Memudahkan belajar / fisilitasi diri 

BACA JUGA:Pentingnya Menyadari Kesehatan Mental dalam Dunia Pendidikan

Alat bantu belajar berikutnya adalah memfasilitasi diri Anda dengan beberapa benda di sekitar Anda bila diperlukan. Contoh fasilitas tersebut adalah menyiapkan makanan ringan, kopi, teh atau yang lainnya yang akan membuat mood anda baik saat belajar.

Fasilitas belajar lainnya menyediakan meja dan kursi belajar, karena postur tubuh akan baik jika kita duduk dengan benar. Anda juga dapat menambahkan alat musik saat Anda belajar. Hal ini dapat meningkatkan konsentrasi seseorang saat belajar.

5. Teliti biografi sukses

Ada pepatah yang mengatakan “Anda tidak akan jauh berbeda dengan lingkungan tempat Anda berada”. Jika lingkungan Anda tidak cukup kondusif untuk memotivasi Anda belajar, maka membaca biografi akan menempatkan Anda pada lingkungan warisan. Ini adalah cara yang sangat berguna bagi Anda untuk mendapatkan motivasi dan inspirasi.

BACA JUGA:Peran Orang Tua dalam Mencegah Perundungan dan Kekerasan di Sekolah

Biasanya buku biografi seringkali menceritakan kisah kelam yang tidak bisa diabaikan begitu saja dalam kehidupan seseorang. Melalui biografi kehidupan kelam ini, Anda akan mengetahui bahwa Anda tidak sendirian dan ada contoh orang-orang sukses yang mampu menjauhi rasa malas.

 

Sumber: