Kenali 5 Alat Musik Tiup yang Terkenal di Nusantara

Kenali 5 Alat Musik Tiup yang Terkenal di Nusantara

ilustrasi alat musik tiup--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSelain budaya, Indonesia juga mempunyai banyak alat musik tradisional yang tersebar di berbagai daerah. Alat musik tiup sering kita jumpai.

Alat musik tiup tradisional Indonesia ini mempunyai suara yang sama indahnya dengan Alat musik tiup modern yang populer seperti klarinet, terompet, dan trombone.

Hampir setiap daerah atau suku di Indonesia mempunyai alat musik tiup khasnya. digunakan untuk hiburan dan pemakaman.

Alat musik tradisional sendiri sering digunakan untuk menciptakan musik sebagai bagian dari upacara budaya, hiburan, atau tarian. Cara memainkannya bermacam-macam, ada yang memetik, menggeser, memukul, dan meniup tergantung jenis alat musiknya.

BACA JUGA:Mengenal Kain Tenun dari Pagar Alam yang Dihidupkan Kembali

1. Kadire

Alat musik tiup tradisional pertama di Indonesia adalah kadire. Berasal dari daerah Kalimantan Timur, alat musik tiup ini berbentuk seperti keledi. Alat musik ini terbilang unik karena terbuat dari bambu dan dibuat dari batok kelapa.

Kadire sering dimainkan pada upacara adar komuni masyarakat Dayak Kenyah di Kalimantan.

2. Foy Doa dan Foy Pay

Foya Doa dan Foy Pay merupakan dua alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur. Dilihat dari bentuknya, alat musik tiup ini hampir menyerupai seruling karena mempunyai banyak lubang.

BACA JUGA:Mengenal Congklak, Permainan Tradisional Anak Indonesia

Perbedaan alat musik tiup ini dengan seruling adalah Foy Doa memiliki dua senar seruling yang disambung, sedangkan Foy Doa Pay berfungsi sebagai iringan musik tanda. Inilah sebabnya mengapa mereka selalu digunakan berpasangan karena suara yang dihasilkan akan benar-benar unik.

Memainkannya sendiri sangat sederhana, Anda tidak memerlukan keahlian atau pelatihan khusus untuk memainkannya.

3. Serunai Selanjutnya merupakan alat musik suku Pekal Bangka Belitung khususnya Serunai. Bentuknya mirip terompet, seruling juga merupakan alat musik tiup yang mudah dimainkan.

Sumber: