Mengenal 5 Upacara Adat Papua, Tradisi yang Diwariskan Turun Temurun

Mengenal 5 Upacara Adat Papua, Tradisi yang Diwariskan Turun Temurun

ilustrasi upacara adat papua--freepik

SILAMPARITV.CO.IDPapua merupakan salah satu pulau terbesar di bagian timur Indonesia, tempat berlangsungnya berbagai upacara adat Papua. Upacara adat Papua ini diwariskan secara turun temurun. 

Kebiasaan-kebiasaan tersebut menjadi kebiasaan dan diyakini membawa nilai-nilai dalam kehidupan. Beberapa upacara adat di Papua menyusul. Inilah upacara adat papua: 

1. Wor

Upacara adat Wor merupakan ritual memohon perlindungan. Suku Biaki, suku yang mendiami beberapa wilayah di Papua, sudah menjalankan tradisi ini secara turun-temurun. Wor diartikan sebagai upacara adat yang berkaitan dengan kehidupan gereja suku Biak. Setiap aspek kehidupan sosial suku Biak kerap diwarnai dengan Wor. 

BACA JUGA:Inilah Tradisi Lompat Batu yang Mendunia

Bagi masyarakat Biak, upacara Wor merupakan sebuah kewajiban adat yang harus dipenuhi oleh keluarga inti bersama-sama dengan kerabat laki-laki dan perempuan.

Tujuan Wor adalah meminta anaknya mencari perlindungan kepada penguasa alam semesta. 

Upacara Wori juga diyakini dapat melindungi seseorang dari segala perubahan siklus hidup. Masyarakat Suku Biak biasanya melakukan Upacara Wor untuk mengiringi tumbuh kembang anak sejak lahir dalam kandungan hingga mencapai usia tua dan kematian. 

2. Kiuturu Nandauw 

BACA JUGA:Paras Cantik Perempuan Suku Dayak Kalimantan, Ternyata Tidak Mudah untuk Dipinang, Ini Alasannya!

Kiuturu Nandauw atau Kakarukrorbun merupakan upacara potong rambut pertama yang dilakukan anak-anak setelah menginjak usia lima tahun. Upacara adat ini masih dilaksanakan sampai sekarang.

3. Ero Era Tu Ura

Upacara adat ini biasanya dirayakan untuk anak-anak yang berusia antara 3 hingga 5 tahun. Anak-anak yang melakukan upacara adat duduk di atas tikar dan ditemani oleh anak-anak lainnya.

Kedua telinga ditusuk dengan alat khusus, diduga untuk melindungi telinga. Bagi masyarakat Papua, telinga merupakan salah satu alat pendengaran yang wajib dirawat dengan baik.

Sumber: