Tips Merencanakan Masa Orientasi Pendidikan Siswa, Guru Perlu Mengetahui Hal Ini!

Tips Merencanakan Masa Orientasi Pendidikan Siswa, Guru Perlu Mengetahui Hal Ini!

ilustrasi MOS--freepik

SILAMPARITV.CO.IDSetelah masa penerimaan baru, akan diadakan masa orientasi siswa untuk seluruh kelas mulai dari Taman Kanak-kanak sampai SMA/Pelatihan Kejuruan. 

Semua pihak berharap MOS diisi dengan kegiatan edukasi dan bukan patah hati. Untuk menghindari hal ini, Anda harus mengikuti tips perencanaan MOS berikut:

Tips Merencanakan Orientasi Siswa:

Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan sebagai panitia perencanaan dan penyelenggara MOS.

BACA JUGA:Guru Besar Unpad Mengungkap Manfaat Komik Sebagai Media Pendidikan Bagi Generasi Alpha

1. Memastikan tujuan kegiatan MOS

Masa orientasi merupakan masa transisi, pengetahuan dan adaptasi siswa terhadap kehidupan sekolah baru. Di sini perlu untuk memperkenalkan kebiasaan dan peraturan sekolah yang relevan. 

Memahami dengan jelas visi dan misi sekolah serta kegiatan yang akan dilaksanakan. Siswa baru perlu memahami segala sesuatu tentang sekolah dan kegiatannya untuk meningkatkan prestasi akademiknya.

2. Membentuk panitia yang patut diteladani dan bertanggung jawab

BACA JUGA:Cara Mendapatkan Beasiswa Tanpa Prestasi, Kamu Bisa Lakukan 6 Cara Ini

Sebagai anggota panitia, Anda harus mampu membentuk semangat panitia dengan menanamkan kembali tujuan utama orientasi kegiatan perencanaan.

Anda harus sadar dan mengetahui bahwa tujuan kegiatan orientasi siswa adalah untuk membantu memperkenalkan siswa baru ke sekolah.

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi senior untuk membayar sumpit kepada siswa berikutnya. Selain itu, pihak sekolah juga berkoordinasi dengan pengurus OSIS di SMA untuk memilih peserta MOS yang patut dicontoh dan bertanggung jawab.

3. Memilih Materi yang Bermanfaat

Sumber: