8 Manfaat Hobi Membaca Novel, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Imajinasi

8 Manfaat Hobi Membaca Novel, Salah Satunya Dapat Meningkatkan Imajinasi

ilustrasi baca novel--freepik

SILAMPARITV.CO.IDManfaat membaca novel fiksi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Novel adalah suatu karangan prosa panjang yang berisi rangkaian cerita tentang kehidupan seseorang dan orang-orang disekitarnya. Umumnya novel terinspirasi dari kisah nyata atau ide imajinatif dan ditulis melalui serangkaian peristiwa.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), novel adalah karangan prosa panjang yang memuat cerita tentang kehidupan seseorang dan orang-orang disekitarnya, dengan menekankan watak atau watak setiap pelakunya. 

Novel memiliki beberapa ciri, seperti jumlah kata lebih dari 35.000 kata, minimal terdiri dari 100 halaman, dan narasi yang kompleks.

Membaca novel merupakan salah satu kegiatan yang mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, rutin membaca novel juga dianggap dapat meningkatkan konsentrasi dan empati. Selain itu, ada manfaat lain dari membaca novel.

BACA JUGA:ini Cara Menanam Semangka Bebuah Besar dan Meraup Cuan Gede

Berikut beberapa manfaat membaca fiksi seperti dilansir Merdeka.com dari Liputan6.com dan sumber lainnya:

1. Meningkatkan Keterampilan Menulis Fiksi

Manfaat membaca novel yang pertama adalah meningkatkan kemampuan menulis fiksi. Semakin banyak dia membaca, semakin baik dia menulis. Karena kosakata yang diperkaya saat membaca dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis.

Inilah sebabnya mengapa Anda harus rajin membaca novel untuk meningkatkan keterampilan menulis fiksi Anda. Dengan membaca banyak novel, Anda bisa mempelajari gaya fiksi yang bagus.

BACA JUGA:Pantai Jungwok Jogja Menjadi Salah Satu Destinasi Wisata Pantai Populer Tahun Ini, Wajib Dikunjungi

2. Meningkatkan Imajinasi

Sejak zaman dahulu, membaca novel dianggap dapat memperkuat imajinasi. Ada banyak cerita menarik dan imajinatif dalam novel. Artinya membaca novel dapat meningkatkan imajinasi.

Selain itu, membaca novel juga bisa mengurangi stres dan ketegangan. Oleh karena itu, ada baiknya seseorang membiasakan membaca fiksi.

3. Belajar Berempati

Sumber: