Inilah 5 Bahaya Merokok Setelah Olahraga

Inilah 5 Bahaya Merokok Setelah Olahraga

ilustrasi sakit jantung--freepik

SILAMPARITV.CO.IDJangan sia-siakan kesehatan dengan merokok setelah olahraga. Efek Sampingnya Bisa Pengaruhi Organ Tubuh!

Setelah latihan, biasanya kamu minum dan duduk untuk istirahat. Perokok bisa langsung menghisap rokok sambil menikmati waktu istirahat.

Padahal, kebiasaan merokok setelah olahraga sama sekali salah dan membuat olahraga sebelumnya menjadi sia-sia. Berbagai masalah kesehatan justru bersembunyi.

Berikut beberapa bahaya merokok setelah olahraga:

BACA JUGA:Tetap Ganteng di Bawah Sinar Matahari: 5 Rekomendasi Sunscreen untuk Pria yang Efektif Melindungi Kulit Wajah

1. Gangguan jantung

Pada dasarnya merokok dan olahraga menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif merupakan hal yang normal dalam batas tertentu.

Namun bila kadar stres oksidatif berlebihan (yang bisa disebabkan oleh rokok), berbahaya bagi tubuh. Apalagi jika Anda sudah terlanjur mengidap penyakit jantung, merokok setelah olahraga akan mempersempit pembuluh darah Anda.

Olahraga membuat jantungmu berdebar kencang. Kebutuhan sirkulasi darah meningkat dan jantung harus bekerja lebih keras.

BACA JUGA:7 Tips Efektif untuk Mencegah Sakit Pinggang yang Sering Muncul

Menghirup asap rokok menguatkan jantung. Jika hal ini terus berlanjut, fungsi pemompaan jantung bisa menurun.

2. Disfungsi otak

Merokok setelah berolahraga meningkatkan jumlah karbon monoksida dalam aliran darah. Karbon monoksida berdampak serius pada fungsi otak.

Karbon monoksida dapat mengganggu kinerja visual, mengganggu keterampilan motorik, dan bahkan mengganggu pemikiran kognitif.

Sumber: