Mengenal Nasi Serpang Kuliner Khas Madura

Mengenal Nasi Serpang Kuliner Khas Madura

nasi serpang khas Madura--

SILAMPARITV.CO.IDMakanan yang satu ini terbilang unik, selain rasanya yang unik juga mengandung semua unsur yang terdapat di Pulau Madura.

Pulau Madura mempunyai banyak tempat wisata dan kuliner yang unik. Salah satu daerah yang mempunyai banyak makanan khas adalah Kabupaten Bangkalan. Misalnya adalah nasi serpang. kuliner ini hanya bisa ditemui saat berkunjung di Kabupaten Bangkalan.

Selain satenya yang populer, masih ada kuliner khas Madura lainnya yang begitu enak untuk dicicipi. Namanya adalah Nasi Serpang. Karena berasal dari Madura, masakan ini kemudian populer dengan nama nasi serpang Madura.

Ada yang bilang kalau kuliner ini sebenarnya bukan berasal dari Dusun Serpang, melainkan dari desa tetangga yang menjual makanan ini di wilayah Dusun Serpang, sehingga makanan ini lebih dikenal dengan nama nasi serpang.

BACA JUGA:Ini dia Rahasia Resep Membuat Bakso Lava di Rumah

Nasi Serpang merupakan nasi campur khas Bangkalan. Disebut Nasi Serpang karena penjualnya konon berasal dari Desa Serpang, pinggiran Kabupaten Bangkalan.

Berdasarkan cerita yang berkembang, kuliner nasi Serpang ini diklaim pertama kali dijual oleh Hj. Turah yang berasal dari Desa Sabiyan, Bangkalan, kemudian dilanjutkan usahanya oleh anak-anaknya.

Makanan yang satu ini terbilang unik, selain rasanya yang unik juga mengandung semua unsur yang terdapat di Pulau Madura. Tuna pedas, kerang goreng sambal goreng, bihun kecap, telur asin, sambal terasi, kerupuk rasa rujak, daging sapi madura, dan emping paru disajikan dengan nasi. Intinya, makanan ini mengajak pencicipnya seolah-olah sedang bertamasya di dalam ruangan melalui simbol-simbol yang terdapat pada lauk-pauknya.

Keunikan masakan ini adalah tidak adanya sayuran di antara lauknya. Rasa kemerahan pada nasi ini disebabkan oleh cara pendinginan nasi yang menjadi ciri khas kuliner Madura ini. Selain itu, sambalnya memiliki tekstur kasar mirip petis yang membedakan masakan ini dengan masakan lainnya.

BACA JUGA:Dijuluki Mie Pisau: Mengenal Kalguksu Kuliner Khas Korea Selatan

Apalagi nasinya cukup pulen. Beras yang digunakan merupakan produk petani padi Desa Sabian. Dibungkus kertas minyak dengan daun pisang. Dulu kuliner ini hanya menggunakan daun pisang. Tapi sekarang kuliner ini telah menggunakan daun pisang dan kertas minyak.

Perbedaan dari banyaknya masakan nasi khas Madura lainnya adalah pada teknik pendinginannya. Teknik pendinginan nasi Serpang dikenal memiliki keistimewaan tersendiri yang memberikan rasa lembut pada nasi yang hampir mirip dengan nasi ketan.

Kalau ke Bangkalan Madura jangan mencari nasek serpang setelah jam 08:00 WIB. Pasalnya, para pedagang nasi di Serpang mulai menjual makanan ini mulai pukul 04:00 hingga 08:00 WIB. Selain itu, nasek Serpang pasti sulit untuk ditemukan.

BACA JUGA:Unik! Inilah 5 Kuliner Khas Eropa yang Terbuat dari Darah Hewan

Sumber: