Suka Pedas? Mengenal Tahu Gejrot, Makanan Khas Jawa Barat yang Membuat Lidah Gemetaran

Suka Pedas? Mengenal Tahu Gejrot, Makanan Khas Jawa Barat yang Membuat Lidah Gemetaran

makanan pedas khas Jawa Barat, Tahu Gejrot--tokopedia

SILAMPARITV.CO.IDSajian tahu ini dibuat dari bahan-bahan sederhana dan siap untuk memanjakan lidah setiap orang yang menyantapnya.

Setiap daerah mempunyai masakan yang berbeda-beda dan makanan Indonesia dengan ciri khasnya masing-masing. 

Mulai dari makanan berat hingga jajanan-jajanan yang mengisi beragam kuliner nusantara. Tahu gejrot mungkin adalah salah satu kuliner asli Jawa Barat.

Jajanan enak ini berasal dari Kota Udang, Cirebon. Dilihat dari tampilannya, masakan khas Cirebon ini mempunyai cara penyajian yang unik. 

BACA JUGA:Wajib Coba! Lezatnya Kerak Telor Kuliner Khas Betawi

Irisan tahu goreng yang ditaburi kuah asam pedas nikmat disajikan di atas piring panjang atau kecil. Usai mencicipinya, kita akan langsung memutuskan untuk menyukai tahu Gejrot.

Tahu gejrot dibuat dengan bahan sederhana seperti tahu yang digoreng dan dipotong kecil-kecil lalu dicelupkan ke dalam kuah pedas dan asam. 

Saus ini terdiri dari cabai rawit, bawang merah, gula pasir, sedikit litho, lalu dicampur dengan air gula. Rasa yang dihasilkan dari bumbu sederhana ini memberikan perpaduan unik antara rasa asin, manis dan pedas. Rasanya dijamin akan memanjakan lidah siapa pun yang menyantapnya.

Tahu gejrot adalah masakan khas Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, dibuat dengan tahu dan bumbu lainnya. Tahu Gejrot terdiri dari tahu yang digoreng dan dipotong menjadi kecil-kecil dan dimakan dengan kuah yang terbuat dari cabai, bawang putih, bawang merah dan gula. Biasanya disajikan dalam layar kecil.

BACA JUGA:Mengenal Nasi Serpang Kuliner Khas Madura 

Tahu gejrot juga merupakan jajanan khas daerah Cirebon yang banyak digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa karena rasanya yang unik. Tahu gejrot merupakan tahu yang dipotong kecil-kecil lalu ditaruh di piring kecil, dan tahu yang digunakan adalah tahu Sumedang. 

Saat ini tahu gejrot tersebar di seluruh wilayah Indonesia, seperti Jakarta dan sekitarnya, Bandung, Malang, Surabaya dan beberapa kota besar lainnya di Indonesia.

Masyarakat Indonesia pasti sudah mengenal tahu sebagai sumber protein nabati yang baik dan menjadi lauk pelengkap berbagai masakan. Berbagai jenis olahan tahu berasal dari berbagai daerah, salah satunya adalah tahu genjrot yang mungkin berasal dari Cirebon.

Keistimewaan hidangan ini adalah penyajiannya. Seporsi tahu yang sudah dipotong dicampur dengan kuah merah disajikan di atas piring gerabah kecil berwarna hitam. Tusuk gigi atau garpu biasanya digunakan untuk mengambil tahunya.

Sumber: