Anak Anda Hobi Belajar Matematika? Ini dia 5 Manfaat dari Belajar Matematika

Anak Anda Hobi Belajar Matematika? Ini dia 5 Manfaat dari Belajar Matematika

ilustrasi manfaatnya belajar matematika--freepik

SILAMPARITV.CO.IDIbu dan ayah berperan penting dalam membesarkan anak agar siap menghadapi masa depan. Dalam proses ini, anak Anda membutuhkan banyak informasi, termasuk matematika. 

Ayah dan Ibu mungkin menganggap belajar matematika hanya berguna untuk tujuan akademis. Faktanya, anak-anak mendapatkan lebih banyak manfaat darinya, lho.

1. Bagus Untuk Perkembangan Otak Anak

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Tanya Evans dari SU (Stanford University) pada tahun 2015 menunjukkan bagaimana proses pembelajaran matematika mendorong perkembangan otak pada seorang anak.

BACA JUGA:Apa itu Civitas akademis? Ini dia penjelasannya Sesuai Aturan 

Penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang belajar matematika mempunyai perkembangan otak lebih tinggi dibandingkan anak yang tidak belajar matematika.

Secara khusus, tingkat perkembangan otak pada seorang anak yang belajar matematika erat kaitannya dengan berbagai kemampuan yang bisa dibiliang kognitif. Beberapa di antaranya terkait dengan kemampuan mengambil keputusan dan memfokuskan pikiran pada objek tertentu.

2. Membantu Belajar Mengelola Keuangan

Ketika anak belajar matematika, mereka memiliki kemampuan berhitung yang baik. Pengetahuan ini dapat membantu mereka belajar bagaimana mengelola keuangan pribadinya. Mereka mempunyai kemampuan untuk mengelola agar biaya yang dikeluarkan tidak lebih tinggi dari yang mereka miliki.

BACA JUGA:Keutamaan Do'a di Bulan Rajab, Ampunan dan Rahmat Allah swt

Pengelolaan keuangan pribadi merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki anak-anak. Keterampilan ini dapat membantu anak menjaga keuangannya. Beban utang mereka juga sangat rendah dan tidak berdampak signifikan terhadap posisi keuangan mereka secara keseluruhan.

3. Mendorong Kemampuan Problem Solving

Salah satu keunggulan pembelajaran matematika yang tidak kalah pentingnya bagi anak adalah kemampuannya dalam memecahkan masalah-masalah tersebut. Belajar matematika membantu anak belajar menganalisis dan menemukan solusi terbaik terhadap suatu masalah.

Keterampilan analitis erat kaitannya dengan cara berpikir kritis anak terhadap setiap permasalahan yang ada di sekitarnya. Pada saat yang sama, matematika dapat mendorong anak Anda untuk mengembangkan pemikiran logis ketika menghadapi semua  masalah mereka.

Sumber: