Ini dia 5 Tips Tanam Jagung Hibrida Agar Cepat Panen

Ini dia 5 Tips Tanam Jagung Hibrida Agar Cepat Panen

ilustrasi kebun jagung hibrida--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenanam jagung dengan hasil panen yang cepat dan baik tentu membutuhkan beberapa langkah atau tips untuk dilakukan.

Jagung atau dengan nama latin Zea Mays ini termasuk tanaman pangan yang memiliki kandungan karbohidrat.

Persilangan jagung keturunan secara langsung dari dua atau lebih dari varietas jagung yang berkualitas disebut sebagai jagung hibrida.

Secara umum, tanaman jagung memiliki berbagai ukuran tinggi, mulai dari kisaran 2 meter hingga 2,5 meter, bahkan ada tingginya yang mencapai 12 meter.

Untuk tangkai yang terdapat pada batang jagung beruas mempunyai ukuran 20 cm/ruas, namun untuk daun jagung yang berukuran lebar 9 cm dan panjang 120 cm ini tidak mempunyai tangkai.

BACA JUGA:Ini Rahasia Menanam Pohon Pisang Kepok Cepat Berbuah

Sementara untuk tanaman jagung hibrida sendiri terdapat keunggulan tambahan seperti, memiliki tongkol dua, kemudian untuk ukuran tongkol serta biji yang lebih besar, dan yang paling diharapkan adalah waktu pemanenan yang lebih cepat.

Sehingga banyak orang yang mulai mencoba untuk melakukan budidaya jagung hibrida.

Berikut beberapa tips tanam jagung hibrida supaya cepat panen, melansir dari laman petanidigital.com Sabtu (24 Februari 2024):

1. Perhatikan Syarat Pertumbuhan Tanaman Jagung Hibrida

BACA JUGA:Memiliki Hobi Memancing Ternyata Bisa sebagai Obat Alami untuk Stres

Untuk memulai melakukan budidaya jagung hibrida, sebaiknya hal pertama yaitu mengetahui syarat pertumbuhan tanaman jagung ini supaya proses pembudidayaan nanti dapat berhasil dengan maksimal.

Pada umumnya, tanaman jagung dapat tumbuh pada lahan yang secara langsung terpapar sinar matahari selama 8 jam perhari, baik itu berada pada tempat dataran tinggi ataupun dataran rendah.

Kemudian lakukan tanam jagung di lahan yang mempunyai kandungan unsur hara yang cukup, serta tanah dengan keasaman pH 5,5 – 7,5.

Sumber: