Ketahui Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 8 Cara Mengatasinya

Ketahui Penyebab Bibir Pecah-Pecah dan 8 Cara Mengatasinya

ilustrasi perawatan bibir kering--freepik

SILAMPARITV.CO.IDBibir berantai bisa menjadi masalah yang menyebalkan dan bisa menurunkan rasa percaya diri Anda. Selain menimbulkan rasa tidak percaya diri, bibir pecah-pecah juga bisa menimbulkan rasa nyeri dan iritasi. 

Ada beberapa cara mengatasi bibir pecah-pecah yang bisa menghasilkan bibir halus dan sehat. Yuk simak ikhtisar lengkapnya di bawah ini.

Penyebab bibir pecah-pecah:

Bibir pecah-pecah merupakan kondisi dimana bibir kering dan bersisik. Kondisi ini seringkali membuat seseorang sakit sehingga menurunkan rasa percaya diri. Tak heran jika banyak orang yang ingin mengetahui cara mengatasi bibir pecah-pecah agar terlihat lebih lembap dan sehat.

BACA JUGA:Hati-hati! Inilah 5 Buah yang Tidak Direkomendasikan untuk Ibu Hamil

Tetapi apa penyebab bibir kering dan pecah-pecah? Kondisi ini biasanya terjadi karena bibir kehilangan kelembapan. Dimana hal tersebut dapat dipicu oleh beberapa hal, salah satunya adalah paparan sinar matahari.

Hal ini dikarenakan lapisan pelindung kulit pada bibir terdiri dari 3-5 lapisan, dibandingkan dengan kulit wajah yang memiliki 16 lapisan, sehingga bibir lebih rentan terbakar sinar matahari. Namun, bibir kering dan terkelupas tidak hanya disebabkan oleh paparan sinar matahari, tetapi juga oleh beberapa faktor lain, seperti:

• konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan

• sedang sakit

• dehidrasi atau kekurangan cairan

• Kurang gizi (malnutrisi)

• Penggunaan obat-obatan tertentu

BACA JUGA:Dampak Berat Mempunyai Hobi Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Jika tidak segera ditangani dengan baik, kondisi ini bisa bertambah parah dan menimbulkan sejumlah gejala lain, seperti:

Sumber: