Inilah 6 Penyebab Kulit Kendur dan Cara Mengobatinya

Inilah 6 Penyebab Kulit Kendur dan Cara Mengobatinya

ilustrasi kulit wajah keriput--freepik

SILAMPARITV.CO.IDKulit kendur merupakan masalah kulit yang umum terjadi dan terkadang membuat seseorang merasa tidak percaya diri dengan penampilannya.

Ketika ini terjadi, beberapa orang mencari cara untuk mengencangkan kulitnya. Apa sebenarnya penyebab kulit kendur dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Kulit Keriput

Kulit keriput merupakan kondisi normal yang terjadi pada masa penuaan atau penuaan. Selain proses penuaan, beberapa faktor lain bisa menjadi penyebab wajah kendur, mulai dari paparan sinar matahari hingga penyakit tertentu. Berikut penjelasan selengkapnya.

BACA JUGA:Pelajari Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Alergi Dingin

1. Penuaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebab kulit wajah kendur adalah penuaan. Penuaan merupakan faktor yang tidak bisa dihindari, dimana seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dan elastin tubuh secara alami menurun sehingga menyebabkan elastisitas kulit menurun.

Elastin adalah protein yang mengembalikan elastisitas kulit setelah diregangkan dan berkreasi. Sebuah ekspresi menghadapi Namun kolagen merupakan protein yang membentuk struktur kulit.

2. Paparan sinar matahari

BACA JUGA:Peringatan! Inilah 8 Resiko Puasa Tanpa Sahur Bagi Kesehatan

Penyebab kulit kendur selanjutnya adalah terlalu banyak terpapar sinar matahari. Hal ini dapat mempengaruhi elastisitas dan produksi kolagen tubuh sehingga meningkatkan risiko penuaan dini.

Pasalnya, radiasi UVA/UVB matahari juga dapat memengaruhi DNA kulit dan menyebabkan kematian sel lebih cepat. Kondisi ini dapat memecah serat kolagen dan elastin pada kulit. Akibatnya kulit menjadi kendur.

3. Penurunan berat badan yang drastis

Penurunan berat badan yang drastis dalam waktu singkat juga bisa menjadi faktor penyebab kulit kendur. Selain itu, operasi bariatrik sebelumnya atau pasca kehamilan juga dapat menyebabkan penurunan volume kulit. Artinya, terjadi penipisan lapisan lemak di bawah kulit dan peregangan ligamen.

Sumber: