Menjelang Hari Kebaya Nasional yang pertama, Menghargai Kontribusi Para Seniman yang Menjaga Tradisi Budaya

Menjelang Hari Kebaya Nasional yang pertama, Menghargai Kontribusi Para Seniman yang Menjaga Tradisi Budaya

ilustrasi hari kebaya nasional--solo.sae

SILAMPARITV.CO.IDBukan rahasia lagi kalau kebaya merupakan bagian dari identitas perempuan Indonesia. 

Keberadaan kebaya diakui pemerintah melalui Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2023 yang menetapkan tanggal 24 Juli sebagai Hari kebaya Nasional.

Banyak tokoh terkenal yang berupaya melestarikan kebaya, mulai dari Dian Sastrowardoyo hingga Yuni Shara. Beberapa organisasi yang dipimpin perempuan, seperti Kongres Perempuan Indonesia (Kowani), juga berupaya mendorong keberadaan kebaya.

Presiden Kowani Dr. Ir. Giwo Rubianto, MP. menjelaskan, Hari Kebaya Nasional merupakan kesempatan untuk memberikan penghormatan kepada para perajin kebaya dan pekerja tekstil.

BACA JUGA:Jelajahi Berbagai Jenis Kebaya di Indonesia, Mana Kebaya Favoritmu?

Selain itu, Hari Kebaya Nasional juga merupakan bentuk apresiasi atas kepiawaian dan kontribusi para seniman, khususnya di bidang fashion, yang telah melestarikan tradisi budaya.

“Acara seperti ini dapat memperkuat jati diri bangsa Indonesia dengan meningkatkan pengenalan terhadap simbol-simbol budaya unik yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia,” jelas Giwo Rubianto.

Selain Kowani, Pertiwi Indonesia juga mendorong lahirnya sebuah negara yang berbangsa. Kebaya. Hari. Miranti Serad, perwakilan Pertiwi Indonesia, meyakini Hari Kebaya Nasional membantu mempromosikan dan melestarikan kebaya sebagai warisan budaya.

Baginya, menjaga keunikan identitas budaya dalam konteks globalisasi sangatlah penting. Diharapkan generasi muda, termasuk para selebritis dan orang-orang berpengaruh, mendukung gerakan yang didasari semangat pelestarian budaya ini.

BACA JUGA:Memahami Keindahan dan Kekayaan Budaya Negeri Soya, Maluku Melalui Tradisi Upacara Adat

"Kami berharap sesuai dengan semangat konservasi, kebaya menjadi Miranti Serad menjelaskan: “Prinsipnya kehadiran kebaya hadir di tengah masyarakat dan menunjang perekonomian sekitar.”

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Wanita Indonesia Maju (PIM) dan Ketua Tim Kebaya Nasional Lana T. Koentjoro menyambut hangat persiapan menyambut Hari Kebaya Nasional yang pertama pada 24 Juli 2024. Ia gembira perjuangan melestarikan kebaya semakin digalakkan. mulai membuahkan hasil.

“PIM sebagai organisasi yang tergabung dalam Kelompok Kebaya Nasional Indonesia mengusulkan Hari Kebaya Nasional. “Kami bertemu dengan Kowani untuk mempersiapkan Hari Kebaya Nasional pertama pada 24 Juli 2024,” ujarnya.

BACA JUGA:Mengenal Tari Andun, Tari Adat Khas Bengkulu

Sumber: