Mengenal Tari Sekapur Sirih, Tari Tradisional Khas Jambi

Mengenal Tari Sekapur Sirih, Tari  Tradisional Khas Jambi

tari sekapur sirih khas jambi--kumparan.com

SILAMPARITV.CO.IDTari Sekapur Sirih merupakan tarian tradisional yang berasal dari daerah Jambi. Tarian ini merupakan tarian selamat datang yang biasa dibawakan oleh penari wanita. 

Dengan mengenakan pakaian adat dan diiringi musik, mereka menari dengan gerakan halus dan membawa cerana (bejana) sebagai tanda persembahan. 

Tari Sekapur Sirih merupakan salah satu tarian tradisional yang sangat terkenal di daerah Jambi dan biasa ditampilkan untuk menyambut kedatangan tamu-tamu terhormat yang berkunjung ke provinsi Jambi.

• Sejarah Tari Sekaput Sirih

BACA JUGA:Jelajahi Berbagai Jenis Kebaya di Indonesia, Mana Kebaya Favoritmu?

Menurut sejarahnya, Tari Sekapur Sirih pertama kali diciptakan di Jambi oleh seniman yang cukup terkenal bernama Firdaus Chatap. 

Tarian ini kemudian diperkenalkan ke masyarakat umum pada tahun 1962. Karena masih menjadi gerakan mainstream saat itu, beberapa seniman mulai mengembangkan tarian ini. Dipadukan dengan pertunjukan musik dan lagu, membuatnya semakin menarik dan populer di kalangan masyarakat.

• Fungsi & Makna

Tari Sekapur Sirih berperan sebagai tarian penyambutan menyambut para pejabat yang datang ke sana. Tarian ini dimaknai masyarakat sebagai sikap terbuka terhadap tamu yang datang disana. 

BACA JUGA:Memahami Keindahan dan Kekayaan Budaya Negeri Soya, Maluku Melalui Tradisi Upacara Adat

Selain dari itu, Tari Sekapur Sirih juga dijadikan sebagai arti ungkapan rasa syukur dan juga kebahagiaan masyarakat karena sudah menerima tamu. 

Tarian ini biasanya akan ditarikan oleh 9 perempuan yang ditugaskan sebagai penari dan 3 laki-laki yang berperan sebagai, satu orang yang akan membawa payung dan 2 orang yang akan menjadi pengawalnya.

• Tata Cara Penampilan

Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dalam pertunjukan tari sirih Sekapur, seperti kostum, musik, alat peraga, dan lain-lain. Berikut beberapa unsur yang perlu diperhatikan sebelum menampilkan suatu tarian, yaitu:

Sumber: