7 Makanan Berlemak Buruk yang Harus Dihindari

7 Makanan Berlemak Buruk yang Harus Dihindari

ilustrasi makanan lemak jahat--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMakanan berlemak buruk setiap hari sering kita jumpai bahkan kita konsumsi terlalu banyak tanpa kita sadari karena rasanya yang enak, seperti gorengan, junk food, dan lain-lain. 

Faktanya, terlalu banyak mengonsumsi lemak jahat dapat meningkatkan risiko penumpukan kolesterol, salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

Baca selengkapnya tentang makanan mengandung lemak jahat pada ulasan di bawah ini.

Apa itu lemak jahat?

BACA JUGA:5 Rekomendasi Warna Lipstik untuk Bibir Gelap, Cek di Sini!

Makanan berlemak seringkali dihindari karena dianggap sebagai penyebab utama obesitas. Padahal, lemak merupakan salah satu bahan yang dibutuhkan tubuh. 

Manfaat lemak bagi tubuh antara lain sebagai sumber energi (selain protein dan karbohidrat).

Lemak juga dapat membantu penyerapan vitamin larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K. Manfaat ini dapat dicapai dengan mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik, seperti kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

Sebaliknya, mengonsumsi makanan rendah lemak dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Lemak jahat terbagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak trans.

BACA JUGA:Sehat Tanpa Obat, Ini dia 5 Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

Daftar Makanan yang Mengandung Lemak Jahat

Makanan yang mengandung lemak jahat, baik lemak jenuh maupun lemak trans, memiliki risiko tinggi terkena penyakit jantung dan stroke. 

Oleh karena itu, konsumsi lemak jahat harus dibatasi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Daftar makanan yang mengandung lemak jahat adalah sebagai berikut.

1. Daging berlemak

Sumber: