Ramadhan 2024: Dari Negara-negara dengan Jangka Waktu Berpuasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia

Ramadhan 2024: Dari Negara-negara dengan Jangka Waktu Berpuasa Terpanjang dan Terpendek di Dunia

--

SILAMPARITV.CO.IDLamanya masa puasa dalam bulan suci Ramadan dapat bervariasi secara signifikan bergantung pada lokasi geografis dan waktu dalam setahun, yang mengakibatkan perbedaan dalam waktu berbuka puasa di seluruh dunia.

Di negara-negara yang berdekatan dengan garis khatulistiwa, masa puasa cenderung lebih singkat karena panjang siang yang konsisten sepanjang tahun.

BACA JUGA:Ini dia 5 Jenis Kurma Termahal di Dunia

Sebagai contoh, di negara-negara Muslim seperti Indonesia dan Malaysia, masa puasa biasanya berkisar antara 13 hingga 14 jam.

Sementara itu, di negara-negara yang jauh dari garis khatulistiwa, masa puasa cenderung lebih panjang karena panjang siang yang bervariasi sesuai dengan musim.

Contohnya, di Norwegia, yang terletak di belahan bumi utara, masa puasa dapat berlangsung lebih dari 20 jam, terutama selama bulan-bulan musim panas ketika matahari hampir tidak pernah tenggelam.

BACA JUGA:Berikut Daftar Negara dengan Waktu Puasa Terlama, Apakah Negara Mu Termasuk?

Aturan agama telah diberlakukan di beberapa kota paling utara di dunia, di mana matahari tetap terlihat 24 jam sehari pada beberapa periode dalam setahun.

Masyarakat di wilayah ini disarankan untuk mengikuti jadwal waktu puasa yang berlaku di Mekkah, Arab Saudi, atau negara Muslim terdekat untuk menentukan waktu berbuka mereka.

Meskipun terdapat perbedaan dalam waktu berbuka puasa di seluruh dunia, perayaan Ramadan tetap menjadi pengalaman yang menyatukan umat Islam di seluruh penjuru dunia.

BACA JUGA:6 Manfaat Puasa dalam Islam untuk Kesehatan Tubuh

Berikut adalah negara-negara yang akan mengalami masa puasa terpanjang dan terpendek tahun ini:

Umat Islam di negara-negara paling selatan dunia seperti Cile atau Selandia Baru akan menjalani puasa selama sekitar 12 jam, sedangkan mereka yang tinggal di negara-negara paling utara seperti Islandia atau Greenland akan berpuasa selama 17 jam atau lebih.

BACA JUGA:Apa Saja Pahala yang Kita Dapat Selama Berpuasa? Berikut Simak!

Sumber: