Mengenal Sejarah Tempe Mendoan Makanan Khas Asal Indonesia

Mengenal Sejarah Tempe Mendoan Makanan Khas Asal Indonesia

Mengenal Sejarah Tempe Mendoan Makanan Khas Asal Indonesia--

SILAMPARITV.CO.ID - Tempe mendoan merupakan salah satu makanan asal Indonesia, khususnya di daerah Banyumas Jawa Tengah.

Mendoan terbuat dari berbahan dasar tempe yang lezat dan ikonik. Jadi akan sangat disayangkan ketika kamu tidak menyantap Mendoan pada saat berlibur ke Banyumas.

Tentunya tidak hanya mendoan yang merupakan makanan khas Banyumas masih banyak makanan lainya Contohnya gethuk goreng (makanan bebahan dasar singkong), soto saroja dan masih banyak lainnya.

Namun, ada yang kurang apabila kalian berkunjung di Kota Banyumas atau Purwoketo tetapi tidak menyantap dan mecicipi lezatnya mendoan yang di sajikan secara hangat.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Hidangan Manis Untuk Berbuka Puasa

Asal usul nama tempe mendoan yakni dari kata mendo yang berarti lembek atau setengah matang

Umumnya, tempe mendoan tersebut memang mempunyai ciri khas yakni memiliki tekstur yang lembek karena di goreng dengan cara setengah matang saja.


Cemilan Tempe Mendoan--

Tempe mendoan juga merupakan suatau fermentasi dari kacang kedelai kemudian menjadi tempe, kemudian tempe tersebut diolah kembali menjadi mendoan dengan cara dilapisi dengan adonan tepung lalu digoreng. 

Pada bagian dalam adonan mendoan juga terdapat campuran irisan bawang yang meberikan aroma yang harum pada tempe mendoan tersebut.

BACA JUGA:Mengenal Nasi Tempong, Makanan Pedas Khas Jawa Timur

Selan itu cara memasak tempe mendoan pun tidak memelurkan waktu lama hanya di masak setengah matang saja sampai adonan terlihat matang dan bewarna sedikit kenuningan.

sementara itu tempe mendoan biasanya di makan sebagai cemilan bahkan sering menjadi lauk makan dengan ditemani nasi hangat dan sambal terasi.

Sedangkan tempe mendoan Banyumas ini memang terkenal paling enak dimakan pada saat masih hangat, namun lenik mikmat apabila di barengi dengan cabai rawit atau sambal kecap serta sambal terasi.

Sumber: