10 Tips Menjaga Kulit Tetap Bersih dan Sehat

10 Tips Menjaga Kulit Tetap Bersih dan Sehat

ilustrasi cuci wajah yang baik dan benar--freepik

SILAMPARITV.CO.IDMenghindari jerawat merupakan keinginan bagi banyak orang, terutama bagi yang sering mengalami masalah kulit tersebut.

Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti perubahan hormonal, polusi, stres, dan kebersihan kulit yang kurang baik. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu menghindari Jerawat dan menjaga kulit tetap bersih dan sehat:

1. Rutin Membersihkan Wajah

Membersihkan wajah secara rutin merupakan langkah pertama yang penting dalam menjaga kulit bebas dari jerawat. Gunakan pembersih wajah yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda, lalu bersihkan wajah dua kali sehari, pagi dan malam.

BACA JUGA:BPJS Kesehatan Berikan Layanan JKN Selama Libur Lebaran, Bentuk Komitmen Tanpa Batas

Hindari mencuci wajah terlalu keras atau menggunakan produk yang mengandung bahan kimia keras yang dapat mengiritasi kulit.

2. Gunakan Produk Non-Komedogenik

Pilihlah produk perawatan kulit yang non-komedogenik, artinya produk tersebut tidak akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Perhatikan kandungan produk yang Anda gunakan, dan pastikan tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan iritasi atau reaksi alergi.

3. Hindari Sentuhan Berlebihan pada Wajah

BACA JUGA:Tidak Usah Khawatir, Ini 3 Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Puasa

Menyentuh wajah secara berlebihan dapat mentransfer minyak, kotoran, dan bakteri dari tangan ke wajah, yang dapat menyebabkan jerawat.

Usahakan untuk tidak menyentuh wajah kecuali saat membersihkannya atau saat menggunakan produk perawatan kulit.

4. Gunakan Pelembap yang Sesuai

Meskipun memiliki kulit berminyak, menggunakan pelembap tetap penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah produksi minyak berlebih. Pilihlah pelembap yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori, serta sesuaikan dengan jenis kulit Anda.

Sumber: